Sepandai-pandainya Tupai Melompat Akhirnya Jatuh Juga, Kini Jerinx SID Resmi Jadi Tahanan Polisi, Sempat Lolos Saat Berkonflik dengan Ahmad Dhani

Rabu, 12 Agustus 2020 | 19:31
Kompas.com

I Gede Ari Astina atau Jerinx SID memenuhi panggilan Polda Bali terkait laporan ujaran kebencian dan pencemaran nama baik, Kamis (6/8/2020)

Fotokita.net - Pemain drum (drummer) SID, I Gede Ari Astina atau Jerinx ditahan di Rutan Polda Bali.

Penahanan itu menyusul ditetapkannya Jerinx sebagai tersangka dalam kasus dugaan pencemaran nama baik Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pada Rabu (12/8/2020).

Unggahan "kacung WHO" dilaporkan

IDI Bali melaporkan Jerinx lantaran mengunggah kata-kata yang dianggap menghina di akun Instagramnya, sekitar dua bulan lalu.

Baca Juga: Tantangannya Masuk Ruang Isolasi Tanpa APD Dianggap Buang Energi, Kini Jerinx SID Kembali Gigit jari, DMnya Dicuekin Hotman Paris

Drummer itu menulis: "Gara-gara bangga jadi kacung WHO, IDI dan Rumah Sakit dengan seenaknya mewajibkan semua orang yang akan melahirkan tes Covid-19".

Ketua IDI Bali I Gede Putra Suteja mengatakan, kata "kacung WHO" membuat organisasinya merasa terhina.

Baca Juga: Jerinx SID Bernafsu Terima Tantangan Masuk Ruang Penyembuhan Pasien Corona Tak Pakai APD, Dokter Indra Yovi Akhirnya Malah Malas Ladeni Ocehan Sang Musisi: Sudahlah Tak Usah Ditanggapi

Pada 16 Juni 2020, IDI melaporkan Jerinx ke Polda Bali.

"Iya, terkait menghina IDI sebagai kacungnya WHO, IDI ikatan apa itu. Kita kan organisasi merasa terhina terhadap hal ini," kata Suteja, Selasa (4/8/2020).

Ia dilaporkan terkait ujaran kebencian dan dugaan pencemaran nama baik.

Jerinx diduga melanggar Pasal 28 Ayat (2) Jo Pasal 45A Ayat (2) dan/atau Pasal 27 Ayat (3) Jo Pasal 45 Ayat (3) UU Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Baca Juga: Jerinx SID Siap Masuk Ruang Isolasi Pasien Corona Tanpa APD, Tapi dr Indra Yovi Ogah Ladeni Tantangan Itu Lantaran Cuma Buang Energi, Sang Musisi Bali Akhirnya Hujat Dokter Corona

Polisi datangkan ahli, Jerinx sempat tak hadiri pemeriksaan

Instagram @ncdpapl

Jerinx SID dan Nora Alexandra

Menyusul laporan itu, polisi memeriksa sejumlah saksi, termasuk para ahli.

"Kami sudah periksa saksi-saksi dan ketuanya (IDI). Ahli-ahli juga sudah," ujar Kabid Humas Polda Bali Kombes Syamsi.

Jerinx, kata Syamsi, sempat berhalangan hadir ketika dimintai keterangan. Namun, ia kemudian memenuhi panggilan sebagai saksi pada pemeriksaan berikutnya.

Yakin tak ada yang salah

Kamis (6/8/2020), Jerinx mendatangi Polda Bali untuk memenuhi panggilan polisi sebagai saksi. Saat itu, Jerinx mengatakan tak merasa ada yang salah dengan unggahannya.

Ia menyebut, unggahan itu sebuah kritik bagi IDI. "Saya ingin menegaskan sekali lagi saya tak punya kebencian dan niat menghancurkan atau menyakiti perasaan kawan-kawan IDI. Jadi, ini 100 persen sebuah kritikan," kata Jerinx saat itu.

"Saya yakin 100 persen. Itu yang saya lakukan benar. karena Saya enggak bermaksud negatif atau buruk.

Yang saya lakukan murni kritik sebagai warga negara," lanjut Jerinx.

Baca Juga: Baru Saja Bernapas Lega Setelah Wabah Virus Corona Berlalu, Kini Wuhan Kembali Diterjang Bencana yang Tak Kalah Besar, Kota Kembali Lumpuh

Instagram/ncdpapl

Nora Alexandra dan Jerinx SID

Ditetapkan tersangka

Seminggu setelahnya, Polda Bali kemudian resmi menetapkan Jerinx sebagai tersangka kasus dugaan pencemaran nama baik pada Rabu (12/8/2020).

Jerinx kini ditahan di Rutan Polda Bali. "Sudah tersangka. Kami periksa hari ini hadir dia," kata Direktur Reskrimsus Polda Bali Kombes Pol Yuliar Kus Nugroho.

Penetapan tersangka dilakukan lantaran alat bukti telah cukup memenuhi.

"Bahwasanya itu terpenuhi unsur delik membuat pencemaran nama baik, penghinaan dan menimbulkan satu permusuhan kepada IDI sesuai UU ITE," kata dia.

Tak hanya dengan IDI, Jerinx SID memang sudah beberapa kali terlibat konflik di media sosial. Salah satunya, dengan Ahmad Dhani. Beberapa waktu lalu, saatbahas soal konspirasi agama pentolan SID ini merasa ditertawai Ahmad Dhani.

Merasa ditertawakan, Jerinx SID pun membuat tantangan kepada pentolan band Dewa 19 itu, Ahmad Dhani.

Diwartakan sebelumnya, perseteruan Ahmad Dhani dan Jerinx tiba-tiba saja memanas.

Hal itu terjadi setelah Jerinx mengutarakan pernyataan soal Agama adalah teori konspirasi.

Baca Juga: Dulu Gemar Pamer Kemewahan di Depan Kamera, Kini Rumah Tangga Rey Utami Diambang Perceraian, Kena Karma Orangtua yang Tinggal di Gang Sempit?

Tribunnews/instagram Jrxsid

Konflik Konspirasi dalam Agama Jernix vs Ahmad Dhani Berbuntut Panjang: Berani Bacot Berani Tanggung Jawab Gak?

Perseteruan antara Ahmad Dhani dengan drummer Superman Is Dead (SID), Jerinx SID kian memanas.

Kini suami Mulan Jameela itu menantang Jerinx SID untuk menjelaskan tentang konspirasi dalam agama.

Menurut Ahmad Dhani, jika seseorang berani mengeluarkan pernyataan harus bisa mempertanggungjawabkan ucapannya sekaligus memberikan penjelasan.

"Saya kan menantang dia untuk membuat YouTube bagaimana penjelasan bahwa agama itu konspirasi," kata Ahmad Dhani dalam video berjudul "SAYA INI KESATRIA!!! TUGAS SAYA MENGABDI PADA NEGARA" di channel Youtube Luna Maya, Jumat (15/5/2020).

Baca Juga: Hizbollah Matian-matian Bantah Tudingan, Ahli Dinamit Ini Bersikukuh Penyebab Ledakan Beirut Karena Misil Militer, Begini Bukti Kuatnya

"Kan orang kalau berbicara harus punya tanggung jawab. Nggak bisa dong dia bilang 'agama itu konspirasi' tapi nggak ada penjelasan," ujarnya.

Ahmad Dhani juga ingin tahu apakah ucapan Jerinx SID punya penjelasan sebab bila tak ada penjelasan dari ucapannya, Jerinx SID hanya akan menimbulkan kemarahan masyarakat.

"Makanya aku menuntut dia untuk menjelaskan, kalau nggak menjelaskan berarti cuman tau judul aja, isinya nggak ada," tutur Dhani.

Baca Juga: Rumah Tangga Anak Sulungnya Disebut-sebut Tak Mampu Bertahan Lama, Ayah Puput Nastiti Devi Akhirnya Blak-blakan Bicara Tabiat Asli Ahok

"Jelasin dong kalau agama itu konspirasi, kalau nggak, yaa banyak orang yang jadi marah kan. Bukan karena pernyataannya tapi nggak ada penjelasannya, agama konspirasi apa," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Jerinx SID juga sempat menantang pentolan grup Banda Dewa 19 itu.

Melalui laman media sosialnya yang sudah terverifikasi, Jerinx SID menantang Ahmad Dhani untuk berdiskusi.

Jerinx SID bahkan mengunggah dan menandai langsung akun media sosial Ahmad Dhani.

"Saya menantang anda @ahmaddhaniofficial utk diskusi ttg konspirasi di live IG. Bagaimana mas ?" tanya Jerinx SID.

Baca Juga: Raffi Ahmad Merengek Minta Tambahan Dana Renovasi Rumah, Sang Mertua Kesal Tak Dapat Jatah Saham di Rans Entertainment, Rieta Amalia: Mata Duitan Banget Sih!

Karena tak kunjung direspon Ahmad Dhani, Jerinx SID meluapkan kekesalannya di akun Instagramnya.

Kali ini dengan kata-kata keras menyebut Ahmad Dhano botak.

Bahkan menyindir Dhani dengan status kelelakiannya.

"Mas botak @ahmaddaniofficial kenapa ajakan saya diskusi tidak anaf respon? Kemarin anda post video YT khusus untuk 'ngetawain' argumen saya tentang konspirasi. Sekarang anda abaikan tawaran saya. ANda laki? Berani bacot berani tanggungjawab gak?".

Baca Juga: Digadang-gadang Jadi Pengganti Jokowi di Pilpres 2024, Kini Sandiaga Uno Malah Makin Rajin Bikin Konten Youtube dan Podcast, Ada Apa?

(Instagram Jerinx SID)

Jerinx SID tantang Ahmad Dhani berdebat soal agama konspirasi.

Al Ghazali Jawab Tantangan Jerinx SID

Putra sulung Ahmad Dhani dari pernikahan dengan Maia Estianty, Al Ghazali turut memberikan komentar menohok untuk Jerinx SID.

Sambil mengunggah foto Ahmad Dhani bersama sang istri Mulan Jameela dan anak-anaknya, menuliskan bahwa ayahnya tidak perlu membuktikan lagi bahwa ia seorang laki-laki.

Itu seolah menjawab tantangan Jerinx SID pada Ahmad Dhani yang dianggap bukan laki-laki karena tak merespons tantangannya.

Baca Juga: Istrinya Jadi Ketua DPR Hingga Punya Harta Rp 364 Miliar, Suami Puan Maharani Ternyata Bukan Sosok Sembarangan, Begini Caranya Cari Rezeki

Menurut Al Ghzali, Ahmad Dhani sudah tak perlu membuktikan apapun.

Pasalnya menurut Al Ghazali, seorang laki-laki yang sudah punya banyak anak tak perlu membuktikan lagi bahwa dia seorang laki-laki.

Baca Juga: Jokowi Sebut Vaksin Merah Putih Siap Pertengahan 2021, Vladimir Putin Umumkan Rusia Negara Pertama yang Produksi Vaksin Covid-19

Fakta Lain di Balik Kasus Ahmad Dhani vs Jerinx SID

Di tengah konflik Ahmad Dhani vs Jerinx SID rupanya terdapat fakta yang mengejutkan.

Pasalnya, diketahui bahwa Mulan Jameela sandera akun Instagram Ahmad Dhani.

Karena itulah pentolan Dewa 19 itu tak bisa meladeni tantangan Jerinx SID SID untuk berdebat soal agama itu konspirasi di akun media sosialnya.

Baca Juga: Jadi Wakil Erick Thohir di Komite Penanganan Covid-19, Jenderal Andika Perkasa Perintahkan Kawal Ketat Istri Prajurit TNI Ini

“Instagram saya disandera oleh nyonya (Mulan Jameela) saya, karena saya pernah masuk penjara gara-gara itu, Instagram, Twitter,” kata Ahmad Dhani dalam channel YouTube Video Legend yang dikutip Selasa (12/5/2020).

Menghindari hal tersebut terjadi lagi, kini Dhani hanya bisa mengunggah foto atau caption setelah disetujui Mulan Jameela.

“Kalau kirim Instagram (posting), saya kirim ke istri saya ‘Sayang, ini diupload’, kalau di-screening istri saya oke, di-upload, kalau kontennya politik, enggak dibales,” ujar Dhani menambahkan.

Ahmad Dhani kemudian mengenang jumlah pengikutnya di media sosial yang dulunya mencapai jutaan.

“Jadi dulu sebelum Al Ghazali itu punya Instagram punya follower yang berjuta-juta, Twitter saya sudah 2,5 juta (followers)," ujar Dhani.

Baca Juga: Teringat Kejadian Malam Pertama, Ternyata Baim Wong Sudah Kebelet Ingin Dapatkan Ini dari Paula Verhoeven: Aku Mau Cepat-cepat

Namun sekarang, ia sudah kehilangan followers gara-gara akun Twitter-nya lenyap seiring kasus hukum yang menjeratnya.

"Tetapi gara-gara Twitter saya berbahaya, Twitter saya dirampas dan dibuang. Jadi waktu itu tahun 2016, sudah 2,5 juta followers-nya,” tutur Ahmad Dhani.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Konflik Jerinx SID vs Ahmad Dhani Berbuntut Panjang, ini Tantangan Baru Suami Mulan Jameela

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma