Find Us On Social Media :

Bantuan Susu Formula Selama Pandemi Covid-19 Dikritik, Menurunkan Pemberian ASI dan Menyebabkan Bayi Diare

Bantuan susu formula saat pandemi ternyata berbahaya.

GridHEALTH.id - Pada masa pandemi virus corona (Covid-19) ini sejumlah lembaga publik dan swasta ramai mengumpulkan donasi untuk membantu masyarakat yang paling terdampak wabah.

Ada banyak bentuk bantuan yang dikumpulkan, dari uang hingga bahan makanan pokok.

Tapi tahukah, dari banyaknya bentuk bantuan yang ada sebaiknya kita menghindari pemberian donasi susu formula untuk bayi.

Pasalnya donasi susu formula berisiko menurunkan angka menyusui atau pemberian air susu ibu (ASI) dan meningkatkan kasus infeksi sehingga dinilai cukup berbahaya.

Risiko ini akan semakin meningkat pada kondisi darurat karena akses air bersih dan listrik terbatas (misalnya saat terjadi gempa bumi dan tsunami) atau keterbatasan ekonomi yang diakibatkan pandemi Covid-19 sehingga menyulitkan orangtua membeli formula.

Dalam peristiwa gempa bumi di Yogyakarta pada 2006, misalnya, donasi formula untuk bayi menyebabkan kasus penyakit diare meningkat dua kali lipat pada bayi yang menerima bantuan formula.

Baca Juga: Klaim Obat Palsu Covid-19 Ternyata Paling Banyak Disebarkan Influencer

Baca Juga: Ikut Jadi Relawan Vaksin Corona Buatan China, Wanita Ini Ceritakan Efek Sampingnya: 'Kami Langsung Alami Kenaikan Suhu dan Diare'