Seolah Berusaha Kabur usai Dilaporkan ke Polisi, kini Anji Malah Menyalahkan Narasumbernya: Yang Harus Minta Maaf Pak Hadi Pranoto!

Selasa, 04 Agustus 2020 | 18:30
Instagram Dunia Manji

Anji menyalahkan narasumbernya, Hadi Pranoto usai dilaporkan ke Polda Metro Jaya.

Suar.ID -Video perbincangan musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji dengan Hadi Pranoto terkait obat herbal antibodi yang mampu menyembuhkan Covid-19 dalam hitungan hari berbuntut panjang.

Kini, keduanya dilaporkan ke polisi oleh organisasi Cyber Indonesia.

Menurut Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid, ada beberapa hal dalam konten tersebut terindikasi sebagai berita bohong yang mengarah pada dugaan pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 ayat 1, Pasal 15 UU No.1 Tahun 1946 dan Pasal 28 ayat 1 UU ITE.

Ia menilai perlunya proses hukum untuk meluruskan perihal produk herbal yang ditawarkan demi kebaikan masyarakat.

Baca Juga: Gelar Profesor yang Disandangnya Dinilai hanya Abal-abal, Hadi Pranoto Malah Bilang Begini: Anggap saja Saya gak Sekolah

"Konten ini di medsos memicu dan menimbulkan berbagai polemik,"

"Pendapat dari profesor yang dihadirkan dalam konten itu ditentang oleh banyak akademisi, ilmuwan, kemudian ikatan dokter, menkes, influencer bahkan masyarakat luas," kata Muannas saat ditemui Tribunnews di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (3/8).

Salah satu isi konten yang dipersoalkan adalah pemeriksaan Covid-19 yang serupa dengan rapid test dan swab yang disebut hanya menghabiskan biaya Rp 10 ribu saja.

Hal inilah yang diduga sebagai kebohongan yang diungkap dalam konten tersebut.

Baca Juga: Meskipun bukan Seorang Paranormal, namun Ucapan Ariel Noah kini Menjadi Kenyataan usai Video Kontroversial Anji Diblokir Youtube, Ini yang Mantan Luna Maya Pernah Katakan

"Tentang swab dan rapid test, dikatakan di situ dia punya metode dan uji yang jauh lebih efektif dengan yang dia namakan dengan digital teknologi itu biayanya cukup Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu."

"Nah ini kan sangat merugikan pihak RS yang mana sebagaimana kita ketahui rapid dan swab itu bisa menyentuh ratusan bahkan jutaan," jelasnya.

"Jangan sampai ini dipercaya sama publik dan publik nanti beranggapan berarti selama ini masyarakat diperas, dibodohi bahwa ada pihak yang kemudian mengambil keuntungan, nah ini kan berbahaya," sambungnya.

Dalam kasus ini, pihaknya menjerat Anji dan Hadi dengan pasal berbeda.

Tangkap layar Youtube Dunia Manji
Tangkap layar Youtube Dunia Manji

Baca Juga: Hadi Pranoto Blak-blakan Sebut Dirinya telah Menemukan Obat Covid-19 di Youtube Anji kini Viral, Kemenkes Berikan Kritik Keras: Masyarakat jangan Mudah Percaya Informasi yang Diragukan Kebenarannya!

Muannas menyebut Hadi Pranoto dijerat dengan Pasal 14 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Sementara, Anji dijerat dengan pasal 28 ayat Undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang Undang-undang Informasi Teknologi dan Informasi (ITE).

Menurutnya, kepolisian harus meluruskan dan mengusut kasus tersebut.

Baca Juga: Kontennya Dinilai Melecehkan Akal Sehat, Anji dan Hadi Pranoto Dilaporkan ke Polisi, Ketua Cyber Indonesia: Ini Sangat Berbahaya!

"Itu yang harus diluruskan oleh pihak kepolisian, betul enggak ini penemuan, betul enggak ini kemudian berita bohong."

"Jangan masyarakat jadi tidak peduli karena melihat konten itu dan beranggapan obatnya sudah ketemu berarti masker tidak perlu digunakan, sosial distancing juga enggak perlu, maka kontraproduktif kan dengan apa yang disampaikan pemerintah," ungkapnya.

Muannas juga menyerahkan sejumlah barang bukti kepada pihak kepolisian, di antaranya bukti percakapan antara Anji dan Hadi Pranoto dalam konten tersebut.

"Kita ada transkip percakapan interview, itu sudah kita bawa semua, kemudian ada screenshot, ada 1 Flashdisk yang berisi link URL video itu," ujarnya.

Baca Juga: Dulu Adiknya Mengidap Covid-19 hingga Keluarganya Dikucilkan oleh Para Tetangga, kini Via Vallen tiba-tiba Minta Maaf dalam Postingan Anji yang Ramai Dihujat: Mohon Maaf atas Kelalaian dan Kesalahan Saya

Anji Menyalahkan Hadi Pranoto

Youtube Dunia Manji

Hadi Pranoto dan Anji.

Dalam sebuah postingan di akun instagramnya, Anji menolak meminta maaf atas kehebohan yang ia buat.

Mantan kekasih Sheila Marcia ini tak merasa bersalah.

Baca Juga: Video Kontroversialnya Mengenai Obat Covid-19 Dihapus oleh Youtube, Anji Malah 'Menyalahkan' Masyarakat Indonesia: Secara tidak Sadar, Orang-orang Memberi Panggung pada Hal yang tidak Mereka Suka

Sebab, ia merasa dirinya sekadar mewawancarai Hadi.

Hal tersebut terungkap saat ia mengunggah pernyataan Dr. Tirta yang mengajaknya berdialog dengan para dokter dan Hadi Pranoto.

"Menanggapi isu yang beredar, saya akan berdiskusi dengan pihak-pihak yang ada di postingan @dr.tirta, tanggal 4 nanti," tulis Anji.

Baca Juga: Tak Kapok-kapok Bikin Ulah hingga Video Kontroversialnya tentang Obat Covid-19 Dihapus Youtube, Achmad Yurianto Berikan Kritikan Pedas untuk Anji: Ini adalah Pembodohan!

Netizen pun langsung membanjiri kolom komentar pada postingan Anji tersebut.

Tak sedikit yang mempertanyakan mengapa Anji tak lagi menyebut gelar profesor kepada Hadi seperti yang pernah ditulis dalam video wawancaranya.

"Kok berubah di postingan sebelumnya, ditulis pakai Prof, yang ini nggak. Gelar seseorang itu harus ditulis lho untuk menghargai achievement akademisnya," tulis akun @hafizhfadhlan.

Anji pun terlihat menjawab komentar ini dengan nada sengit, "Gimana sih? Dibilang Prof salah, tidak ditulis salah, tunggu sajalah hasil diskusinya apa," jawab Anji.

Baca Juga: Banyak Neizen Hujat Anji hingga Trending di Twitter Gara-gara Konten Obat Covid-19, Dokter Tompi Beri Pesan Menohok: Harus Dipersentasikan secara Ilmiah!

"@duniamanji Mas nih, mohon maaf, katanya kan profesor, tiba-tiba kenapa enggak pakai profesor lagi, itu maksud kami. Apakah salah penggunaan profesor? Jadi intinya beliau itu profesor atau bukan? Sampai sini ngerti?" timpal netizen lain dalam akun @kutilang_darat.

Anji pun sempat menjawab komentar yang kini sudah dihapusnya itu.

"Saya rasa yang harus minta maaf adalah Pak Hadi Pranoto, jika dia tidak bisa mempertanggungjawabkan kalimatnya, saya kan juga bertanya di menit 4:39 dan 8:27," kata Anji.

(tribun network/igm/bay/dod)

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : Instagram, Tribunnews

Baca Lainnya