Bukan karena Ada Hantu, Orang yang Merinding Saat Dengar Lagu Tertentu Ternyata Ada Kaitannya dengan Otak, Ada Apa?

Jumat, 23 Oktober 2020 | 20:27
freepik

Merinding saat mendengarlan lagu tetentu

Bukan karena Ada Hantu, Orang yang Merinding Saat Dengar Lagu Tertentu Ternyata Ada Kaitannya dengan Otak, Ada Apa?

GridHITS.id -Orang yang merinding saat mendengar lagu tertentu ternyata bukan berarti ada sosok tak kasat mata loh.

Merinding saat mendengar lagu tertentu malah menandakan sesuatu dari dalam diri.

Jadi jika bukan karena hal gaib, mengapa seseorang bisa merinding saat mendengarkan lagu?

Baca Juga: Bukannya Akur-akur Sebentar Lagi Jadi Suami Istri, Atta Halilintar Malah Buat Aurel Hermansyah Murka hingga Nekat Mengusirnya dari Rumah, Ada Apa?

Baca Juga: Dulu Bocorkan Soal Hubungan Ayu Ting-ting dan Raffi Ahmad, Kini Nikita Mirzani Kuliti Habis Sifat Asli Adit Jayusman Saat Dibelakang Kamera: Kalau Kedengeran Kuping Gue Pasti Buruk Gitu!

Bukan berarti saat mendengarkan musik tersebut kamu sedang dihantui sesuatu namun ada kaitannya dengan otak, loh.

Hal tersebut pun diungkapkan oleh seorang ahli yang melakukan penelitian soal merinding sebagai respons mendengarkan lagu tertentu.

Matthew Sachs seorang sarjana dari Harvard, telah mempelajari tentang seseorang yang merinding ketika mendengar musik/lagu tertentu dan mencari tahu bagaimana perasaan tersebut ditimbulkan.

Penelitian dilakukan pada 20 orang siswa, 10 di antaranya mengaku mengalami merasa merinding saat mendengarkan musik tertentu dan 10 sisanya tidak merasakan hal yang sama.

Semua responden diminta untuk melakukan pemindaian otak.

Sachs menemukan bahwa mereka berhasil membuat keterikatan emosional pada musik sebenarnya memiliki struktur otak yang berbeda daripada yang tidak memiliki keterikatan.

Mereka yang memiliki keterikatan cenderung memiliki volume saraf yang lebih padat yang menghubungkan korteks pendengaran dan area yang memproses emosi.

Baca Juga: Nathalie Holscher Nangis karena Ulah Anak Uya Kuya, Sule Langsung Labrak hingga Akhirnya Jadi Begini, 'Baru Kali Ini Gua Emosi'

Baca Juga: Khasiatnya Tak Main-main! Cuma Modal Oles Kopi secara Merata, Kulit Bisa Berubah Menakjubkan Keesokan Harinya

Hal tersebut berarti keduanya dapat berkomunikasi dengan lebih baik.

Semakin banyak saraf dan peningkatan efisiensi antara dua wilayah tersebut berarti seseorang memiliki pemrosesan dalam otak yang lebih efisien.

Apabila seseorang merasa merinding karena musik, ia cenderung memiliki emosi yang lebih kuat dan lebih hebat.

Efek ini juga bisa dikaitkan dengan kenangan yang terkait dengan lagu tertentu yang tidak bisa dikontrol dengan dalam pengaturan laboratorium.

Sachs saat ini sedang melakukan penelitian lebih lanjut yang melihat aktivitas otak saat mendengarkan lagu yang dapat menghasilkan reaksi tertentu.

Ia berharap dapat mempelajari apa yang secara neurologis menyebabkan reaksi ini dan dapat memanfaatkannya sebagai pengobatan untuk penderita gangguan psikologis.

Depresi menyebabkan ketidakmampuan untuk menikmati hal-hal yang menyenangkan.

Seseorang bisa menggunakan musik dengan terapi untuk menjelajahi perasaan.

(Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judul "Pertanda Baik Jika Anda Merinding Saat Mendengar Lagu Tertentu, Itu Tanda Otak Anda Spesial")

Editor : Riska Yulyana Damayanti

Sumber : intisari

Baca Lainnya