Waspadai Batuk Kering dengan Gatal di Tenggorokan yang Seperti Ini Jadi Gejala Awal Covid-19

Kamis, 23 Juli 2020 | 11:28
Freepik

Ilustrasi batuk dan sakit tenggorokan.

GridHITS.id -Batuk adalah reaksi defensif alami tubuh untuk mengeluarkan iritan, seperti lendir, debu, asap, atau penyebab alergi.

Diantara bayaknya jenis batuk, batuk kering adalah yang paling sering dialami pasien positif Covid-19.

Menurut konsultan dan pulmonolog dari Rumah Sakit Apollo, Navi Mumbai, Dr Jayalakshmi TK, dikutip dari Kompas.com, batuk kering adalah batuk yang tidak memunculkan lendir dan karenanya disebut sebagai batuk tidak produktif.

Baca Juga: Tak Hanya dengan Sang Mama, Zaskia Adya Mecca Juga Terlibat Drama Lahiran dengan Sang Suami di Dalam Ruang Operasi Karena Hal Ini, Hanung Bramantyo: Trus Bayinya Ntar Pas Keluar Gimana?

Baca Juga: Buat Banyak Wanita Klepek-klepek Hingga Putuskan Poligami, Pak tarno Blak-blakan Selama Ini Selalun Rutin Mandikan Istri-istrinya Hingga Cucikan Tangan Sehabis Makan

Pasalnya, batuk kering dipicu oleh rasa seperti gatal di belakang tenggorokan yang memicu refleks batuk.

Batuk kering terjadi karena adanya peradangan atau iritasi pada saluran pernapasan.

Biasanya, tenggorokan dan paru-paru meradang karena infeksi bakteri atau virus, ketegangan fisik, atau kondisi lingkungan.

Sementara batuk basah biasanya mendorong lendir yang membawa penyebab batuk keluar dari sistem pernapasan, termasuk hidung atau tenggorokan.

Konsultan Senior Obat Perawatan Kritis Paru-paru, Rumah Sakit Utama Aster, Dr Ravindra Nallagonda, menjelaskan bahwa dalam banyak kasus, batuk basah mungkin disertai produksi dahak atau darah, sedangkan batuk kering tidak.

Baca Juga: Dianggap Ampuh Bikin 'Panas' di Ranjang,Benarkah Daging Kambing Mampu Tingkatkan Gairah Seksual dan Vitalitas Pria?

Baca Juga: Nikahi Perempuan yang Baru Dikenal Setelah Jalani Pacaran 5 Tahun dengan Lesty, Rizki DA Ungkap Alasannya Putuskan Lesty, 'Orang Tua'

Itulah mengapa batuk corona biasanya identik dengan batuk kering dan rasa gatal hingga sakit di tenggorokkan tanpa dahak.

Dalam banyak kasus, batuk kering kadang sulit dikendalikan dan hadir cukup lama, baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Walaupun batuk kering telah dinyatakan sebagai gejala utama infeksi virus corona, sering kali batuk ini juga bisa disebabkan oleh alergi, sinusitis, asma, tonsilitis, atau paparan iritan seperti debu atau asap.

Hampir 60 persen kasus positif Covid-19 dilaporkan disertai gejala umum berupa batuk kering.

Jika menderita batuk kering dan mencurigaiitu adalah batuk corona, Moms juga harus waspada terhadap gejala lain.

Seperti demam tinggi yang berkelanjutan, kehilangan selera makan atau penciuman, sesak napas, dan masalah pencernaan seperti diare.

Baca Juga: Bukannya ke Rumah Sakit Mencari Pertolongan, Petani di Cianjur ini Malah Terus Cari Ular Kobra yang Menggigitnya Hingga Tubuhnya Ambruk Kemudian Tewas

Artikel ini telah tayang di Nakita.id dengan judulPerhatikan Batuk yang Anda Alami, Bila Ada Rasa Gatal di Tenggorokan Seperti Ini Bisa Jadi Termasuk Batuk Corona

Editor : Nita Febriani

Sumber : nakita

Baca Lainnya