Dukung Kuliah Online di Tengah Pandemi, Telkomsel dan Kemendikbud Rilis Paket Kuota Terjangkau Bagi Universitas

Jumat, 17 Juli 2020 | 11:55

Ilustrasi belajar online

Nextren.com - Pandemi covid-19 yang tak kunjung usai, memaksa semua pihak untuk menjaga jarak, membatasi aktifitas, dan lebih banyak berada di rumah.

Namun aktifitas bekerja dan belajar tak boleh berhenti, dan hal inilah yang terus diupayakan agar bisa dilakukan secara online.

Khusus untuk lingkungan Pendidikan Tinggi, Mendikbud Nadiem Makarim malah merekomendasikan bahwa proses belajar mengajar secara online, hingga Desember 2020.

Karena menurut Nadiem Makarim, keselamatan dan kesehatan para mahasiswa dan tenaga pendidik adalah hal yang utama.

Baca Juga: Canggih, Google Meet Hadirkan Keamanan Baru Agar Belajar Online Aman

Untuk itu, operator Telkomsel sebagai digital telco company berkomitmen mendukung upaya pemerintah dalam menyelenggarakan proses pembelajaran di berbagai tingkat pendidikan secara digital, sebagai bentuk adaptasi terhadap kenormalan baru.

Komitmen itu kini diwujudkan lewat kolaborasi Telkomsel Enterprise dengan Ditjen Dikti Kemendikbud RI, untuk menghadirkan program Bantuan Kuota Terjangkau bagi perguruan tinggi.

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan secara virtual melalui CloudX pada Jumat, 17 Juli 2020.

Hadir dalam kerjasama ini adalah Direktur Jenderal DIKTI Prof Ir Nizam, M.SC, DIC, Ph.d,Sekretaris Ditjen DIKTI Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P,Direktur Sales Telkomsel Ririn Widaryani, danSenior Vice President Enterprise Telkomsel Dharma Simorangkir.Baca Juga: Mendikbud Bantah Belajar Online Menjadi Permanen, Ini Klarifikasinya

Sebelumnya, Telkomsel telah menjalankan program Bantuan Kuota Terjangkau untuk berbagai tingkatan institusi pendidikan islam di seluruh Indonesia dengan berkolaborasi bersama Kementerian Agama.

SVP Enterprise Telkomsel Dharma Simorangkir menyambut baik kolaborasi Ditjen Dikti Kemendikbud ini.

"Perluasan inisiatif ini diharapkan mampu membantu sektor pendidikan di Indonesia dan seluruh insan di dalamnya untuk beradaptasi dan melewati masa-masa sulit seperti sekarang ini dengan membangun literasi digital melalui pembelajaran virtual secara menyeluruh dan berkelanjutan,” ujar Dharma.

Sementara Dirjen Dikti Kemdikbud RI, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D, menyambut baik penandatanganan MoU antara Ditjen Dikti dengan Telkomsel terkait Penyediaan Paket Internet Terjangkau bagi perguruan tinggi ini.

Telkomsel
Telkomsel

Direktur Sales Telkomsel Ririn Widaryani

Baca Juga: REVIEW Huawei FreeBuds 3i, TWS Rp 1,4 Juta Dengan Fitur Mahal

Menurut Prof Nizam, biaya paket internet merupakan salah satu hal yang menjadi tantangan dalam pelaksanaan pembelajaran daring, hal ini terutama dirasakan oleh mahasiswa tidak mampu dan perguruan tinggi yang memiliki alokasi dana terbatas.

Penyediaan paket kuota internet dan pulsa yang hemat dan terjangkau bagi seluruh civitas akademika di Perguruan Tinggi, seperti mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan agar mendukung penyelenggaraan pembelajaran secara daring di masa pandemi Covid-19 menjadi salah satu program prioritas Ditjen Dikti. ”

Dalam kolaborasi ini, Telkomsel menghadirkan paket khusus yaitu paket kuota internet dan kuota CloudX bagi dosen, tenaga pendidik, dan karyawan serta para mahasiswa. Paket data tersebut berisi besaran kuota hingga 50 GB dengan harga mulai dari Rp40.000 untuk kuota 50GB, hingga Rp100.000 untuk kuota 50GB.

Baca Juga: Cara Mematikan Mikrofon Secara Otomatis di Zoom Agar Tak Menganggu Rapat

Paket tersebut dapat diaktifkan melalui aplikasi MyTelkomsel atau dengan menghubungi menu akses UMB khusus, namun mereka yang ingin mengaktifkan paket khusus ini nomornya harus sudah terdaftar dulu di kampus. Program Bantuan Kuota Terjangkau untuk perguruan tinggi ini akan berlangsung sejak 17 Juli 2020 hingga 31 Agustus 2021 dan ditargetkan untuk dapat menjangkau sekitar 4.760 perguruan tinggi di berbagai daerah di Tanah Air.Bagi pengurus perguruan tinggi yang ingin mendapatkan manfaat dari program Bantuan Kuota Terjangkau ini untuk para mahasiswa, dosen, tenaga pendidik, dan karyawan yang berada di lingkungannya, dapat mengakses informasi lebih lanjut dan mengajukan pendaftaran melalui situs resminya.

Telkomsel
Telkomsel

Dirjen DIKTI Kemdikbud Prof Ir Nizam

Baca Juga: Smartfren rilis Booster Unlimited Rp 10 Ribu Seminggu, Cocok Untuk Belajar Online

“Telkomsel berharap solusi Bantuan Kuota Terjangkau dapat memberikan dampak positif yang nyata bagi seluruh elemen di perguruan tinggi di seluruh penjuru negeri, untuk senantiasa terhubung dan menjalani kegiatan belajar mengajar secara virtual,” tutup Dharma.

Sebelumnya, Telkomsel juga telah melakukan kolaborasi bersama dengan Kementerian Agama untuk menghadirkan program Bantuan Kuota Terjangkau bagi berbagai tingkatan institusi pendidikan islam di seluruh Indonesia.

Bantuan tersebut kini sudah tersedia bagi lebih dari 80 ribu madrasah dan madrasah sederajat TK sampai SMA, 58 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dan sekitar 800 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta di seluruh Indonesia.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya