Viral Kalung Antivirus Buatan Kementan Dipercaya Bisa Tangkal Virus Corona, Sherina Munaf: Semoga Nyawa Tidak Melayang

Selasa, 07 Juli 2020 | 10:54
(DOK. Humas Kementerian Pertanian)

Viral Kalung Antivirus Buatan Kementan Dipercaya Bisa Tangkal Virus Corona, Sherina Munaf

Viral Kalung Antivirus Buatan Kementan Dipercaya Bisa Tangkal Virus Corona, Sherina Munaf: Semoga Nyawa Tidak Melayang

GridHITS.id - Sherina Munaf komentari viral kalung antivirus buatan Kementan dipercaya bisa tangkal virus corona.

Seperti kita ketahui bersama jika kalung antivirus corona kini terus menjadi perdebatan di antara masyarakat.

Sebagai informasi, kalung antivirus corona merupakan salah satu produk buatan Kementerian Pertanian (Kementan).

Baca Juga: Sering Ditanya Soal Jadinya Film Sherina Cs, Ini Jawaban Mira Lesmana Terkait FIlm Petualangan Sherina 2

Baca Juga: Kalung Antivirus Buatan Kementan Digadang-gadang Bisa Tangkal Virus Corona, Pakar Ahli: Enggak Begitu Cara Kerjanya

Kalung antivirus buatan Kementan terbuat dari olahan tanaman eucalyptus untuk membuat minyak kayu putih.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bisa membunuh 42% virus corona dalam waktu 15 menit.

Namun sayangnya, sebagian masyarakat memepertanyakan cara kerja kalung tersebut, bahkan mantan artis cilik Sherina Munaf pun mempertanykan kevalidannya.

Instagram/@sherinasinna

Sherina Munaf komentari kalung antivirus corona.

Melalui cuitannya di Twitter, Sherina Munaf menyangsikan jika kalung antivirus corona ini diproduksi massal.

"Kalung Antivirus Eucalyptus Anti Corona mau diproduksi massal? Setahu saya Covid-19 itu virus. Bukan nyamuk," tuturnya.

Tak hanya itu, Sherina juga menanti adanya jurnal ilmiah yang memperlihatkan jika kalung antivirus corona tersebut dapat menyembuhkan Covid-19.

Baca Juga: Jamu Antivirus Corona Asal Madagaskar Banyak Diminati Untuk Tangkal Covid-19, WHO: Kami Memperingatkan

Baca Juga: Bak Angin Surga di Tengah Pandemi Covid-19, Menteri Pertanian Temukan Antivirus Corona yang Sudah Teruji Laboratorium, Harapan Baru?

"Ditunggu jurnal ilmiah kalung eucalyptus VS Covid-19 nya. Saya terima kalau saya blunder. Semoga nyawa tidak melayang karena takhayul yang diilmiahkan," tambahnya.

Meski eucalyptus memiliki manfaat anti jamur, antibakteri, dan antivirus, namun ternyata belum ada penelitian spesifik mengenai manfaatnya untuk menyembuhkan pasien Covid-19.

Sementara itu, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), DR dr Inggrid Tania MSI, mengatakan eucalyptus memang efektif membunuh virus namun bukan virus corona.

"Memang pernah ada penelitian eucalyptus efektif untuk membunuh virus betacorona, tetapi bukan virusnya Covid-19, SARS-CoV-2," kata dr Inggrid, Sabtu (9/5/2020), dikutip Kompas.com.

Dr Inggrid menjelaskan virus corona pada penyakit yang mewabah saat ini, SARS-CoV-2 memang termasuk dalam virus betacorona.

"Tetapi virus corona SARS-CoV-2 ini termasuk betacorona yang lebih baru dan khusus. Jadi penelitiannya itu bersifat invitro, (eucalyptus) membunuh virus betacorona, tetapi baru sebatas itu," jelas dr Inggrid.

Inggrid menambahkan jika penggunaan kalung antivirus corona ini belum diuji klinik pada manusia.

"Belum diuji klinik juga pada manusia-manusia yang dipakaikan kalung tersebut. Jadi enggak ada bukti virus apapun bisa mati kalau kita pakai kalung," ungkap dr Inggrid.

Baca Juga: Bukti Wabah Virus Corona Tak Pandang Bulu, Ibu-ibu Ini Positif Covid-19 Usai Nekat Kumpul Sosialita: Tubuh Sakit Serasa Ditabrak Truk

Baca Juga: Bulan Ini Jadi Kabar Gembira Untuk Seluruh Pelajar di Indonesia di Tengah Pandemi Corona, Mendikbud: Pembelajaran Jarak Jauh Akan Permanen

Ketua Umum PDPOTJI ini juga turut menyangsikan cara kerja kalung tersebut untuk membunuh virus corona dengan jarak 1-2 meter di tubuh kita.

"Mungkin virus yang nempel di kulit leher kita bisa mati. Tapi, virus yang jaraknya 1 meter atau 2 meter dari badan kita bagaimana? Kan belum diteliti, belum ada bukti," pungkasnya.

Melihat hal tersebut, sepertinya desakan Sherina Munaf untuk menunjukkan jurnal ilmiah terkait manfaat kalung antivirus corona ini masih perlu dijelaskan lebih lanjut.

Artikel ini sudah pernah tayang di GridHealth.id dengan judul: Belum Diuji pada Manusia, Sherina Munaf Sebut Kalung Antivirus Corona Takhayul: 'Ditunggu Jurnal Ilmiahnya, Semoga Nyawa Tidak Melayang'

Editor : Safira Dita

Sumber : Gridhealth

Baca Lainnya