Find Us On Social Media :

Rumah Sakit Khusus Corona Dibangun di Pulau Galang, Pemindahan Pasien Covid-19 dari Surabaya Masih Jadi Persoalan

By None, Sabtu, 4 Juli 2020 | 14:55 WIB

Foto progres pembangunan rumah sakit khusus Corona (COVID-19) di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (25/3/2020). Progres pembangunan rumah sakit Khusus Corona (COVID-19) secara keseluruhan telah mencapai 78 persen dan ditargetkan selesai dan siap untuk digunakan akhir bulan Maret 2020.

Grid.ID - Pulau Galang menjadi lokasi dibangunnya rumah sakit khusus pasien covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mempertimbangkan untuk mengirim pasien Covid-19 Surabaya dengan gejala ringan atau sedang ke Pulau Galang.

Pertimbangan itu muncul untuk mengurangi beban rumah sakit yang terus bertambah setiap harinya.

"Kami akan pertimbangkan bersama-sama. Ini untuk mengurangi beban rumah sakit yang ada di Surabaya khususnya di RSUD dr Soetomo," kata Muhadjir, Selasa (30/6/2020) malam.

Baca Juga: Wajib Diketahui! Memutihkan Gigi dengan Arang Aktif Ternyata Sangat Berbahaya, Berikut Penjelasannya!

Nantinya, pasien-pasein tersebut akan dipindahkan dengan menggunakan transportasi yang telah disiapkan oleh TNI AU.

Menanggapi hal itu, epidemiolog Universitas Airlangga (Unair) Windhu Purnomo menganggap rencana tersebut aneh. Sebab, masih ada tempat isolasi non-rumah sakit di Jawa Timur yang tersedia.

"Ya aneh saja menurut saya. Mengapa harus dipindah ke Pulau Galang yang sejauh itu. Padahal di Jatim ada RS Darurat juga tempat-tempat isolasi khusus non-rumah sakit, seperti Asrama Haji dan beberapa hotel yang belum overload," kata Windhu kepada Kompas.com, Jumat (3/7/2020).