Makan Sebutir Telur Setiap Hari Selama Seminggu, Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh

Jumat, 03 Juli 2020 | 09:54
Freepik

Ilustrasi telur

GridHITS.id -Rutin mengonsumsi 1 buah telur setiap hari dapat menguntungkan kesehatan hingga dalam jangka waktu yang panjang.

Konsumsi telur memang menjadi hal baik yang disarankan ahli gizi untuk memenuhi kebutuhan protein hewani sehari-hari.

Selain proteinnya yang tinggi, telur juga memiliki nutrisi yang lengkap, termasuk di dalamnya vitamin dan asam lemak esensial.

Baca Juga: Konsumsi Bawang Merah Bakar Untuk Obati Pilek, Wanita Ini Kaget Saat Melihat Cairan Keluar dari Mulut dan Hidungnya hingga Tubuhnya Terasa Sehat Seketika

Baca Juga: Sampai Ingin Menggores Wajahnya dengan Pisau, Model Cantik Ini Menangis Sejadi-jadinya Dipelukan Jerinx, Ada Apa?

Dilansir dariindependent, parapeneliti mencobamakan satu butir telur setiap hari saat sarapan untuk membuktikan manfaat telurmengurangi kemungkinan penyakit kardiovaskular di masa depan.

Panyakit kardiovaskular yaitu penyakit yang melibatkan pembuluh darah dan jantung, seperti penyakit jantung koroner, gagal jantung, jantung bawaan, dan lainnya.

Sebuah tim peneliti dari China dan Inggris memutuskan untuk mengeksplorasi hubungan antara frekuensi konsumsi telur dan risiko sejumlah penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Penelitian ini dipimpin oleh Profesor Liming Li dan Dr. Canqing Yu dari School of Public Health di Peking University Health Science Centre.

Dari total seluruh objek peneliti,13,1% makan telur setiap hari saat sarapan dan 9,1% jarang atau tidak pernah mengonsumsi telur setiap hari.

Setelah penelitian itu dilakukan dengan membandingkan yang rutin memakan telur dengan yang tidak, para peneliti menemukan hal ini.

Baca Juga: Diduga Kena Sindir Nikita Mirzani, Baim Wong Blak-blakan Singgung Dosa Sampai Dibuat Ngeri: Ih Serem

Baca Juga: Nikita Mirzani Kelabakan Klarifikasi Sindiran Untuk Baim Wong, Paula Verhoeven Beri Balasan Telak: Biar Allah yang Membalas

Mereka yang makan telur setiap hari memiliki 26% penurunan risiko menderita stroke hemorrhagic, stroke yang terjadi ketika ada perdarahan di dalam atau di sekitar otak.

Pemakan telur juga memiliki 28% lebih sedikit kemungkinan menderita kematian yang disebabkan oleh stroke hemorrhagic.

Tak hanya itu, terdapat 18% pemakan telur berpengaruh pada mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Lebih lanjut, penelitian melaporkan bahwa 12% dari mereka yang sering mengonsumsi telur lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit jantung iskemik atau penyakit jantung koroner.

"Temuan kami menunjukkan bahwa konsumsi telur harian bisa mengurangi risiko kardiovaskular, penyakit jantung iskemik, kejadian koroner utama, stroke hemorrhagic dan stroke iskemik di antara orang dewasa setengah baya di China," kata para peneliti menyimpulkan.

Profesor Nita Forouhi dari University of Cambridge menunjukkan bahwa konsumsi telur peserta harus diperhitungkan dalam menyimpulkan hasil penelitian.

"Penelitian ini seperti banyak penelitian gizi bersifat observasional dan tidak eksperimental, yaitu mengikuti sampel besar orang dewasa dari waktu ke waktu untuk titik akhir kesehatan, tapi tidak dengan meresepkan menu makan tertentu," ujar Nita.

Baca Juga: Zaskia Adya Mecca Melahirkan Anak Kelima Setelah Hampir Menggugurkan Kandungan, Tengok Arti Nama Unik Anaknya

Artikel ini telah tayang di Nakita.id dengan judul "Peneliti Ini Coba-coba Makan 1 Telur Tiap Pagi Saat Sarapan, Hal Mengejutkan Terjadi pada Tubuhnya"

Editor : Nita Febriani

Sumber : nakita

Baca Lainnya