Merasa Sering Memergoki Pasangan Main Belakang? Orang yang Memiliki Salah Satu dari Lima Golongan Kepribadian Ini Bisa Jadi Langganan Diselingkuhi

Senin, 29 Juni 2020 | 14:11
Pixabay

Tipe pasangan yang mudah ditinggal selingkuh menurut penelitian

Merasa Sering Memergoki Pasangan Main Belakang? Orang yang Memiliki Salah Satu dari Lima Golongan Kepribadian Ini Bisa Jadi LanggananDiselingkuhi

GridHITS.id - Dalam sebuah hubungan tentu perselingkuhan menjadi momok tersendiri.

Tak jarang kekhawatiran itu muncul di benak pasangan hingga menaruh rasa curiga.

Tapi, sebenarnya ada sebuah studi yang bisa dijadikan pegangan ketika menjalani hubungan apakah kamu termasuk orang yang mudah diselingkuhi atau tidak.

Profesor dan mantan Kepala Departemen Psikologi di Monmouth University, Dr. Gary W. Lewandowski Jr menuliskan analisanya melalui laman Psychology Today, mengenai sebuah studi yang dilakukan oleh Meghna Mahambrey dari Ohio State University.

Baca Juga: Curhat Perangainya Berubah 180 Derajat Usai Lihat KD Selingkuh, Azriel Hermansyah Akui Dulu Dirinya Bukan Sosok Pendiam

Baca Juga: Ariel Noah Dibully karena Dianggap Hamili Dirinya Terlebih Dahulu Sebelum Menikah, Sarah Amalia Kepergok Selingkuh dengan Anak Band Sampai Marahi Wartawan : Kalian Belum Puas?

Studi yang dipublikasikan pada 2020 itu mencari tahu jawaban dari pertanyaan: "siapa yang diselingkuhi paling sering dalam sebuah hubungan?"

Peneliti fokus pada aspek kepribadian yang membuat seseorang lebih rentan menjadi korban perselingkuhan pasangannya.

Partisipan penelitian berasal dari sampel besar yang representatif secara nasional dengan analisis yang berfokus pada 1.577 peserta.

Sebanyak 898 di antaranya menikah, di usia dewasa menengah atau akhir, yang diwawancarai melalui telepon dan survei laporan diri.

Dari seluruh sampel, 19 persen melaporkan pernah diselingkuhi dengan pola yang sama.

Peneliti kemudian mengumpulkan informasi tentang kepribadian, dengan cara menanyakan partisipan seberapa tepat kepribadian Lima Besar yang berbeda menggambarkan diri mereka:

Pixabay

Penelitian beberkan tipe orang yang paling mudah diselingkuhi

- Openess (contoh, suka petualang, ingin tahu, dan cerdas).

- Conscientiousness (contoh, tanggungjawab, pekerja keras, dan terorganisir).

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, Mbak You Beberkan Inisial Artis yang Juga Melakukan 'Teman Makan Teman', Mirip Kisah Luna Maya?

Baca Juga: Dinikahi Mualaf Tampan, Artis ini Malah Selingkuh dengan Vokalis Band Terkenal dan Menyesal karena Ariel Noah Tak Mencintai dan Mengenal Dirinya

- Extraversion (contoh, bersahabat, supel dan suka bicara).

- Agreeableness (contoh, peduli, berhati lembut, simpati).

- Neuroticism (contoh, mudah berubah suasana hati, mudah gugup dan mudah khawatir)

Peneliti juga mencatat serangkaian pengalaman hidup dan meminta para peserta untuk mencocokannya, termasuk apakah "Pasangan terlibat dalam perselingkuhan perkawinan."

Temuan penelitian

Tentu saja banyak hal yang berkontribusi terhadap perselingkuhan dalam suatu hubungan, tidak hanya berkaitan dengan kepribadian.

Peneliti juga memperhitungkan faktor-faktor seperti usia, pendidikan, jenis kelamin, ras/etnis, dan agama.

Peneliti secara statistik menemukan, dari semua sampel, mereka yang memiliki kepribadian kurang "conscientious" (kurang berhati-hati), yakni lebih ceroboh, kurang kerja keras dan kurang terorganisir, cenderung lebih mungkin menjadi korban perselingkuhan pasangannya.

Ketika peneliti melakukan analisis serupa pada sub-sampel individu yang sudah menikah, peneliti menemukan pola yang sama.

Baca Juga: Pergoki Istri Selingkuh di kamar Kos-kosan, Pria Ini Bukanya Ngamuk Tapi Malah Minta Istri dan Selingkuhannya Menikah

Baca Juga: Belasan Tahun Tersimpan, Ternyata Raffi Ahmad Pernah Selingkuh Saat Menjadi Pacar Yuni Shara, Dhawiya: Lo Cumbu-cumbu Ada Gue!

Peneliti menemukan pula bahwa orang-orang dengan karakter "agreeable" alias mudah setuju, yakni lebih hangat dan sering membantu, juga cenderung memiliki pasangan yang berselingkuh.

Namun, hasil penelitian ini bukanlah justifikasi untuk menyalahkan korban perselingkuhan.

Orang yang berselingkuh adalah seseorang yang melanggar kepercayaan dalam berhubungan dan itu salah.

Namun, perlu dipahami bahwa pelaku perselingkuhan merasa pelanggaran mereka akan lebih mudah diampuni ketika pasangan mereka memiliki karakter seperti di atas.

Studi semacam ini menunjukkan pentingnya karakter berhati-hari dan kesesuaian dalam dinamika hubungan.

Penting untuk dicatat bahwa hasil penelitian ini hanya berlaku untuk peserta yang tahu pasangannya selingkuh.

Tingkat perselingkuhan keseluruhan 19 persen kemungkinan merupakan perkiraan yang terlalu rendah.

Pada kenyataannya, lebih banyak orang berselingkuh dibanding angka itu. hanya saja pasangannya tidak mengetahui.

Dalam penelitian di atas, jenis perselingkuhan tidak ditentukan, sehingga para peneliti mengandalkan definisi peserta sendiri, yang dapat mencakup berbagai perilaku dari perselingkuhan emosional hingga hubungan seksual.

Baca Juga: Akhirnya Terbongkar, Luna Maya Akui Pernah Selingkuh di Masa Lalu, Saat Menjalin Hubungan Dengan Siapa?

Baca Juga: Menikahi Politisi Kaya yang Usianya Lebih Tua 27 Tahun, Artis ini Malah Difitnah Selingkuh dengan Anaknya, Tengok Kehidupannya Sekarang yang Rukun

Pada akhirnya, sikap lebih berhati-hati tidak menjamin pasangan kita tidak akan berselingkuh.

Penting untuk ditekankan bahwa menjaga sikap bertanggung jawab yang lebih besar, disiplin diri dan saling membantu dapat menguntungkan hubungan kita.

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul:Riset Ungkap Tipe Orang yang Paling Sering Diselingkuhi, Seperti Apa?

Editor : Yosa Shinta Dewi

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya