Fakta Baru Atas Tuduhan Beredar, Mantan Intelijen Rahasia Inggris Buktikan Virus Corona Murni Ciptaan Manusia: Kecelakaan Tidak Sengaja

Sabtu, 06 Juni 2020 | 11:05
(NICOLAS ASFOURI / AFP)

Ilustrasi Penelitian Virus Corona Buatan Manusia

Fakta Baru Atas Tuduhan Beredar, Mantan Intelijen Rahasia Inggris Buktikan Virus Corona Murni Ciptaan Manusia: Kecelakaan Tidak Sengaja

GridHits.id - Mantan intelijen rahasia Inggris buktikan virus corona murni ciptaan manusia.

Virus corona hingga kini masih menjadi momok di belahan penjuru dunia.

Bermunculan pula tuduhan yang mengatakan jika virus corona merupakan buatan manusia.

Update Covid19; Mantan Intelijen Inggris Buktikan Virus Corona Buatan Manusia.

Polemik asal usul virus corona (Covid-19) kembali menyeruak menjadi perdebatan di dunia Internasional.

Dimana kali ini mantan pimpinan Secret Intelligence Service (SIS) atau Dinas Intelijen Rahasia Inggris,Sir Richard Dearlove mengklaim virus coronabukan penyakit alami, melainkan diciptakan oleh para ilmuwan China di laboratorium.

Baca Juga: Reaktif Rapid Test Bukan Penentu Positif Virus Corona, Ahli Ungkap Tes Inilah yang Bisa Pastikan Manusia Terjangkit Covid-19

Baca Juga: WHO Minta Masyarakat Tak Perlu Khawatir Virus Corona Bermutasi Menjadi Lebih Berbahaya, Pakar Epidemiologi Beberkan Faktanya

Pria yang juga kepalaM16 antara 1999 dan 2004 itu mengaku telah melihat laporan ilmiah bahwa Covid-19 merupakan buatan manusia.

"Saya pikir ini dimulai sebagai kecelakaan (tidak disengaja)," ungkap Sir Richardkepada The Telegraph.

Membahas penelitian penilaian sejawat baru yang dibuat oleh Profesor Angus Dalgleish, dari Rumah Sakit St George di University of London, dan ahli virologi Norwegia Birger Sorensen, ia menambahkan:

"Ini menimbulkan masalah jika China pernah mengakui tanggung jawab, apakah ia membayar ganti rugi ?

"Saya pikir itu akan membuat setiap negara di dunia memikirkan kembali bagaimana ia memperlakukan hubungannya dengan China dan bagaimana masyarakat internasional berperilaku terhadap kepemimpinan Tiongkok."

Dikutip Daily Mail, menurutnya penelitian ini mengklaim bahwa upaya saat ini untuk menemukan vaksin akan terbukti tidak berhasil, karena para ilmuwan sejauh ini salah memahami sifat sebenarnya dari Covid-19.

Sir Richard menyarankan bahwa para ilmuwan di sebuah laboratorium di Wuhan bisa diam-diam melakukan percobaan pada virus kelelawar ketika Covid-19 entah bagaimana secara tidak sengaja lolos melalui selang dalam biosekuriti.

Menurutnya, makalah itu telah ditulis ulang beberapa kali, dan versi sebelumnya tampaknya mengklaim coronavirus secara akurat dapat disebut 'virus Wuhan'.

freepik

Ilustrasi Penelitian Virus Corona

Versi awal dari laporan tersebut, yang dilihat oleh Telegraph, dilaporkan mengklaim tanpa keraguan bahwa virus Covid-19 direkayasa.

Diketahui sebelumnya, tak sedikit puhak yang menuding China yang telah menciptakan virus corona baru ini.

Dilansir dari AFP Kamis (7/5/2020), laboratorium di Institut Virologi Wuhan diketahui merupakan bank virus terbesar di Asia yang memelihara lebih dari 1.500 jenis virus.

Baca Juga: Kembali Bikin Lega Satu Indonesia, Vaksin Corona yang Jadi Kesulitan Negara Lain Sudah Bisa Dihasilkan dari Tanah Air!

Baca Juga: Kabar Gembira, Bukan Amerika Atau China Namun Negara Tetangga Ini Siap Produksi Vaksin Corona

Kompleksnya berisi laboratorium dengan keamanan tingkat pertama d Asia, untuk menangani patogen Kelas 4 (P4) alias paling mematikan seperti Ebola.

Sementara itu terkait dengan Covid-19, disimpulkan bahwa virus itu berbagi identitas urutan 79,6 % dengan virus corona SARS, dan 96 % identik dengan tingkat genom keseluruhan dengan virus corona yang ditemukan di kelelawar.

Namunpakar virus corona kelelawar di China,Shi Zheng L membantah hal itu danmengatakan urutan genom SARS-CoV-2 tidak cocok dengan virus corona kelelawar mana pun, yang sebelumnya dikumpulkan dan dipelajari oleh lab-nya.

Para peneliti telah mencatat, sementara ini tidak ada bukti asal virus corona dari kecelakaan laboratorium, tapi juga tidak ada bukti yang jelas bahwa virus tersebut muncul dari pasar Wuhan.

Sayang saat WHO berharap China akan mengundangnya untuk ikut serta dalam penyelidikan terkait hewan-hewan dan asal-usul viruscorona.

Baca Juga: Kabar Gembira! Peneliti Asal Indonesia Berhasil Temukan Sumplemen Anti Virus Corona yang Siap Diproduksi Massal

Baca Juga: Peneliti Pasuruan Klaim Berhasil Temukan Anti-Virus Corona! Bahannya Murah dan Mudah Ditemukan

Duta Besar China untuk PBB di Jenewa pada Rabu mengatakan, Beijing tidak akan mengundang para ahli internasional untuk menyelidiki sumber Covid-19 sebelum pandemi mereda, sembari menambahkan diperlukan "atmosfer yang tepat".

Kondisi inilah yang nampaknya menjadi dasar tudingan AS terhadap Laboratorium Virologi Wuhan yang terjadi beberapa minggu terakhir.

Artikel ini sudah pernah tayang di GridHealth.id dengan judul:Update Covid19; Mantan Intelijen Inggris Buktikan Virus Corona Buatan Manusia

Editor : Safira Dita

Sumber : Gridhealth.id

Baca Lainnya