Akibat Tak Pakai Masker Puluhan Anak di NTB Positif Corona, Seberapa Ampuhkah Masker Turunkan Risiko Terpapar Covid-19?

Jumat, 05 Juni 2020 | 08:00
Freepik.com

Ilustrasi warga menggunakan masker

Akibat Tak Pakai Masker Puluhan Anak di NTB Positif Corona, Seberapa Ampuhkah Masker Turunkan Risiko Terpapar Covid-19?

GridHits.id -Hingga tanggal 2 Juni 2020, ada 84 anak di Nusa Tenggara Barat (NTB) terinfeksi virus corona.

Melansir dariKompasTV(2/6/2020), lembaga perlindungan anak NTB menjelaskan hal tersebut bisa terjadi diduga karena banyak anaktak menggunakan masker saat keluar rumah.

Padahal pemerintah telah menganjurkan untuk menggunakan masker tanpa terkecuali saat keluar rumah ya, Moms.

Tak hanya menggunakan masker, jika Moms harus keluar rumah karena suatu hal, jangan lupa untuk jaga jarak sekitar 1-2 meter dengan orang lain.

Baca Juga: Waspada, Alih-Alih Ingin Sehat, Pakai Masker Saat Olahraga Justru Bahaya Bagi Pernapasan, Ini yang Sebaiknya Dilakukan

Baca Juga: Amankah Gunakan Masker Saat Olahraga di Luar Rumah untuk Cegah Virus Corona? Ahli Sarankan Perhatikan Hal Penting Ini

Melansir dari Kompas.com (4/6/2020), ada sebuah studi yang mengungkapkan seberapa efektif penggunaan masker dan melakukan jaga jarak untuk menurunkan risiko tertular Covid-19.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal medisLancet, Senin (1/6/2020) menemukan bahwa orang-orang harus menjaga jaraknya sedikitnya 1 meter atau lebih agar terhindari dari paparan virus corona.

Selain itu, dilansir oleh Kompas.com dari CNN,ada tiga temuan utama dari tinjuaan berbagai penelitian yang telah diterbitkan dan didanai oleh organisasi kesehatan dunia (WHO), yakni:

1. Menjaga jarak

Jika Moms melakukan jaga jarak kurang dari 1 meter, kemungkinan terkena paparan Covid-19mencapai 12,8 persen.

Angka tersebut berpotensi menurun menjadi 2,6 persen jika Moms melakukan jaga jarak lebih dari 1 meter dengan orang lain.

Sementara, pada jarak 2 meter bisa disebut lebih aman. Namun, keakuratan hasil temuan ini disebut "moderat".

Baca Juga: Agar Tak Susahkan Pengguna Kacamata di Tengah Pandemi, Begini Cara yang Benar Pemakaian Masker Bagi Orang yang Berkacamata

Baca Juga: Agar Tak Susahkan Pengguna Kacamata di Tengah Pandemi, Begini Cara yang Benar Pemakaian Masker Bagi Orang yang Berkacamata

2. Menggunakan masker

Saat Moms tidak menggunakan masker wajah, peluang terpapar virus corona mencapai 17,4 persen.

Sedangkan jika Moms menggunakan masker maka potensi terpapar Covid-19 akan menurun menjadi 3,1 persen.

Namun, keakuratan hasil temuan ini juga disebut masih rendah.

3. Menggunakan pelindung mata

Selain menggunakan masker wajah dan menjaga jarak, ada hal lain yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari virus corona yakni dengan menggunakan pelindung mata.

Jika Moms tidak menggunakan pelindung mata seperti kacamata maka potensi terpapar virus corona yakni 16 persen.

Namun, jika Moms menggunakan kacamata saat keluar rumah, potensi terpapar Covid-19 menurun menjadi 5,5 persen.

Baca Juga: Bukan Bisa Cegah Covid-19 Masuk ke Tubuh, Kesalahan Dalam Penggunaan Masker Ini Justru Bisa Membuat Virus Masuk

Namun, lagi-lagi keakuratan hasil temuan ini masih rendah.

Para peneliti mengamati 172 studi observasional di 16 negara dan enam benua, termasuk studi dalam perawatan kesehatan dan penataan masyarakat.

Mereka tidak menggunakan metode uji coba terkontrol secara acak karena hampir mustahil diterapkan untuk mempelajari penularan infeksi pada setiap orang.

Meski demikian, semua ahli sepakat tentang pentingnya mencuci tangan dengan sabun secara menyeluruh dan teratur untuk mencegah terinfeksi virus corona.

Artikel ini telah tayang di Nakita.id dengan judul "Puluhan Anak di NTB Positif Corona Diduga karena Tak Pakai Masker, Studi Beri Bukti Seberapa Ampuh Masker Turunkan Risiko Terpapar Covid-19"

Editor : Safira Dita

Sumber : nakita

Baca Lainnya