Terbongkar! ini Alasan Tersangka Tega Unggah Video Syur Mirip Syahrini, Penghasilan Ratusan Juta dari Bisnis Akun Gosip Pun Terbongkar

Kamis, 28 Mei 2020 | 14:19
Grid.ID

Menjelek-jelekan nama baik Syahrini dengan menyebarkan video syur mirip Syahrini, ini motif ibu rumah tangga yang jadi tersangka.

Terbongkar! ini Alasan Tersangka Tega Unggah Video Syur Mirip Syahrini, Penghasilan Ratusan Juta dari Bisnis Akun Gosip Pun Terbongkar

GridHITS.id -Beberapa waktu lalu, kita dihebohkan oleh pemberitaan mengenai Syahrini dan ayah angkatnya.

Bahkan sang ayah angkat menyinggung status kesucian Syahrini yang dianggap meragukan.

Tak hanya itu, bahkan beberapa akun gosip mengunggah video syur mirip Syahrini yang kemudian tersebar di media sosial.

Baca Juga:Disebut-sebut Lebih Baik Dari Luna Maya, Terbongkar Sudah Masa Lalu Syahrini yang Kelam, Hobi Dugem Hingga Pulang Dini Hari

Baca Juga:Klaim Dirinya Seorang Princess Padahal Orang Biasa, Ternyata Syahrini Diperlakukan Bak Puteri Raja Oleh Reino Barack, Ini Buktinya

Sayangnya, meski dipojokkan Syahrini hanya diam dan tak memberikan klarifikasi.

Kini, setelah gosip itu mulai mereda, Syahrini pun memberikanperlawanan kepada aparat kepolisian tentang dugaan pencemaran nama baik.

Pihak aparat polisi pun bergerak cepat dan berhasil menangkap pelaku yang juga pemilik akun gosip di media sosial instagram.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pihaknya telah berhasil mengamankan pelaku yang diduga menyebar video syur yang mirip penyanyi Syahrini.

"Mengamankan seseorang di sekitar Kediri, Jawa Timur, inisial IDM pemilik buku rekening dan MS sebagai pemilik akun @danunyinyir99," ungkap Yusri di kantornya, kawasan Semanggi, Jakarta Selatan, Rabu (27/5/2020).

Rencananya, kata Yusri, pelapor yang mewakili Syahrini akan dihadirkan pada Kamis (28/5/2020) pukul 11.00 WIB, bersama tersangka dan tim kuasa hukumnya.

Untuk diketahui, terdapat laporan yang mengatasnamakan Syahrini terkait dugaan video syur dan pencemaran nama baik melalui media elektronik.

"Memang betul, 12 Mei 2020 lalu ada seseorang insial DS membuat laporan ke Polda Metro Jaya, melaporkan kliennya S," kata Yusri.

Baca Juga:Perut Syahrini Membuncit dan Sempat Dikabarkan Hamil, Potret Reino Barack Gendong Anak Beredar hingga Panen Doa dari Warganet

Baca Juga:Memasuki Bulan Ramadan di Tengah Wabah Corona, Syahrini Lakukan Hal Mulia Ini Demi Membantu Warga : Ini Beli Bukan Sponsor

Yusri mengatakan, tersangka dikenakan Pasal 27 Ayat 1 Jo Pasal 45 Ayat 1 dan atau Pasal 27 Ayat 3 Jo Pasal 45 Ayat 3 UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Ada juga Pasal 4 Ayat (1) UU RI Nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi dan atau Pasal 310 KUHP dan atau Pasal 311 KUHP. "Ancamannya sekitar 12 tahun kurungan penjara," ujar Yusri. Laporan tersebut terdaftar dengan nomor LP/2779/V/YAN 2.5/2020/SPKT PMJ.

MOTIF UNGKAP VIDEO SYUR SYAHRINI TERBONGKAR

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus akhirnya melakukan gelar perkara atas penangkapan tersangka dugaan penyebar video syur mirip Syahrini.

Pemilik akun @danunyinyir99 berinisial MS diamankan oleh Polda Metro Jaya di kediamannya di Kediri, Jawa Timur.

Dari keterangan Yusri Yunus, tersangka mengaku memiliki motif mengunggah konten tersebut karena membenci Syahrini.

Yusri mengungkapkan, tersangka MS merupakan penggemar Luna Maya yang merasa sakit hati karena Reino Barack akhirnya jatuh ke pelukan Syahrini.

"Motif pertama, pengakuan dari awal yang bersangkutan, bahwa ada satu kebencian kepada korban (Syahrini) karena dia mengaku memang fans satu public figure juga yang ada," kata Yusri Yunus dalam siaran langsung di akun Instagram @humas.pmj, Kamis (28/5/2020).

"Dia menuduh bahwa korban ini mengambil orang terdekat dari fansnya," ujar Yusri Yunus melanjutkan.

Baca Juga:Banjir Hujatan Karena Diangkap Memiliki Kedekatan yang Tak Wajar, Ayah Syahrini Mengaku Menyesal: Saya Melakukannya Untuk Melindungi PrivasiSyahrini

Baca Juga:Pantas Saja Ngotot Tak Mau Beri Restu Hubungan Sang Anak Dengan Luna Maya, Ternyata Firasat Ibunda Reino Barack Jadi Kenyataan

Sementara itu, motif kedua dari pemilik akun @danunyinyir99 ini adalah untuk menambah follower.

MS diketahui adalah seorang ibu rumah tangga yang gemar bermain media sosial.

Ia juga mendapatkan banyak uang dari usaha endorsement yang dilakukannya lewat akun tersebut.

"Motif kedua adalah memang karena follower si tersangka ini cukup besar. Dan memang itu pekerjaannya setiap hari dia meng-endorse dari beberapa orang," kata Yusri Yunus.

PENGHASILAN AKUN GOSIP CAPAI RATUSAN JUTA RUPIAH

Memang, manusia cenderung menyukai gosip, alias berita yang menembus batas privasi orang lain.

Tak hanya di Indonesia, di belahan dunia mana pun, berita-berita gosip selalu menjadi primadona.

Di dunia digital,berita gosip dikemas dan disebarkan oleh akun media sosial seperti instagram dan youtube.

Baca Juga:Bak Kompor Meleduk, Nikita Mirzani Terus Desak Papa Angkat Syahrini Untuk Beberkan Fakta-fakta Soal Skandal Incess

Baca Juga:Selama Ini Selalu Dipuja-puja Reino Barack Sebagai Wanita Solehah, Denny Darko Beberkan Borok Syahrini Mulai Terkuak, Aib Lebih Besar Sebentar Lagi Dibongkar

Jangan tanya, pendapatan yang mereka hasilkan dari berjualan kabar kabur tersebut.

Ternyata nilainya sangat fantastis.

Dikutip akun Youtube Atta Halilintar, ia mencoba mengorek pendapatan salah satu akun gosip terkenal, yaitu @lambe_turah yang pengikutnya mencapai jutaan orang.

Melalui video yang tayang di akun YouTube-nya, Atta bertemu dengan salah satu admin @lambe_turah di sebuah hotel di Semarang.

Saat itu, admin tersebut sedang ada keperluan dan Atta menyusul ke sana.

Setelah masuk hotel, Atta tak sabar ingin mengorek-ngorek rahasia tentang akun tersebut.

Mulanya Atta membuka ponsel admin dan membuktikan bahwa benar laki-laki tersebut salah satu admin @lambe_turah.

Sang admin yang saat itu menggunakan topeng, awalnya tak bersedia diwawancarai namun setelah sedikit dipaksa ia mau menjawab pertanyaan dari Atta.

Pertama, Atta bertanya sejak kapan akun @lambe_turah dibuat dan si admin mengatakan bahwa akun tersebut awal dibuat pada 24 Desember 2015.

Selanjutnya Atta penasaran berapa penghasilan @lambe_turah dalam sebulan.

"Satu juta sampai 500 juta, ya range-nya segitu," ungkap pria bertopeng ini.

"Berapa karyawan lu? Lambe Turah ada berapa orang sih di dalemnya?" Tanya Atta lagi.

"Jumlahnya yang pasti adminnya lebih dari lima, cuma yang bisa akses masuk salah satunya gua sama, sama. Kurang lebih 20 orang (karyawan)," ujar sang admin.

"Kerjaannya bagiin gosip aja gitu?" Tanya Atta.

"Enggak, 20 orang itu dibagi, ada yang di lapangan," tambah sang admin.

"Dulu lu bikin @lambe_turah pertamanya alasannya buat apa?" tanya Atta.

"Iseng, awalnya kita iseng bagiin soal entertainment," jelas admin @lambe_turah.

Baca Juga:Skandal Makin Terbongkar, Syahrini Pernah Berhubungan Badan dengan Papa Angkatnya, Kebohongan Menstruasi Jadi Buktinya?

Baca Juga:Bongkar Habis Aib Syahrini, Mulai Pertanyakan Keperawanan Hingga Pernah Bercinta dengan Kakek-kakek, Borok Laurens Dibongkar Anaknya Sendiri : Ayah Ingat Pernah Dipenjara Selama 4 Tahun

Dalam video selanjunya sang admin menjelaskan bahwa sebelum mengunggah sebuah informasi harus memikirkan beberapa hal seperti dampak hingga validitas data.

"Jadi kalo kita mau naikin konten kita harus mikirin dampaknya dulu, validasi datanya lengkap apa enggak, sebenernya apa yang ditayangkan di turah itu 80 persen fakta," ungkap sang admin.

"Matanya ada berapa sih mas kok bisa tahu semua gosip?" begitu pertanyaan dari warganet yang dibacakan oleh Atta.

"Sebenernya info yang paling banyak itu dari netizen sendiri, misal netizen lagi jalan ketemu artis si A, foto, (trus) DM ke kita," ungkap pria bertopeng itu.

"Candid, real datanya, ya langsung kita tayangin," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Penghasilan Capai Rp 500 Juta, Terkuak Admin dan Sistem Kerja Lambe Turah SebenarnyadanKompas.com dengan judul "Tersangka Pengunggah Video Syur Mirip Syahrini Akui Fans Luna Maya"

Editor : Saeful Imam

Sumber : kompas, Tribun Jakarta

Baca Lainnya