Ridwan Kamil Bagikan Hasil Menggembirakan Terkait 27 Daerah Sudah yang Sudah Lulus Ujian Hadapi Wabah Corona, Mana Saja?

Senin, 18 Mei 2020 | 14:00
Kompas.com/Ariyanto Nugroho

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membawa kabar gembira di tengah pandemi corona

Ridwan Kamil Bagikan Hasil Menggembirakan Terkait 27 Daerah Sudah yang Sudah Lulus Ujian Hadapi Wabah Corona, Mana Saja?

GridHits.id -Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah di Indonesia memang masih berlangsung.

Salah satu daerah yang memberlakukan aturan PSBB adalah Provinsi Jawa Barat.

PSBB di Jawa Barat sendiri mulai diterapkan pada 6 Mei 2020 lalu.

Pemberlakukan peraturan PSBB di daerah yang dipimpin oleh Ridwan Kamil ini dikabarkan bakal berakhir pada 20 Mei mendatang.

Baca Juga: Belum Ada 2 Minggu Berlakukan PSBB, Jumlah Kasus & Angka Kematian di Jawa Barat Telah Menurun Drastis, Ternyata Ini Kunci Rahasia yang Dilakukan Ridwan Kamil

Baca Juga: BERITA POPULER: Ridwan Kamil Segera Perbolehkan Warga Jawa Barat untuk Bekerja, Sekolah, dan Ibadah Seperti Biasanya hingga Ferdian Paleka Tembus Go Internasional Usai Dibully oleh Sejumlah Narapidana

Tingga hitungan hari jelang masa berakhirnya PSBB di seantero Jawa Barat.

Ridwan Kamil lagi-lagi klaim upaya PSBB di wilayahnya membuahkan hasil yang manis.

"Jadi hasil evaluasi sudah kami laporkan dan diskusikan kepada 27 kepala daerah.

"Dan yang pertama, trennya menggembirakan," jelas Ridwan Kamil dikutip dari kanal YouTube 'tvOneNews'(17/5/2020).

Ridwan Kamil mengatakan tren positif di Jawa Barat masih berpotensi gagal.

"Yang harus diwaspadai adalah potensi OTG dari pemudik yang kemungkinan akan datang hampir 700ribu orang, sudah bocor sekitar 300ribu orang.

"Jadi tingkat tren positif ini digagalkan oleh datangnya potensi-potensi OTG atau pemudik yang jumlahnya diperkirakan 300ribu itu akan mengganggu tren yang menggembirakan di Jawa Barat," jelas Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Meski begitu, Ridwan Kamil menjelaskan pasien Covid-19 yang sembuh di Jawa Barat yang sembuh mengalami peningkatan dua kali lipat.

Baca Juga: Kabar Baik Langsung Diumumkan Oleh Gubernur Jabar, Anak Bangsa Indonesia Lagi-lagi Sudah Sediakan Alat Tes Covid-19, Lebih Akurat Dari Rapid Test Dengan Harga Lebih Murah!

Baca Juga: Kabar Gembira Menyambut Virus Corona yang Mereda, Ridwan Kamil Segera Perbolehkan Warga Jawa Barat untuk Bekerja, Sekolah, dan Ibadah Seperti Biasanya, '63 Persen'

Ridwan Kamil juga mencanangkan akan merelaksasi PSBB di sejumlah daerah yang sudah menjadi zona biru.

"Jadi kita di Jawa Barat jawabannya ada PSBB, ada yang dilonggarkan tapi kewaspadaan kepada pemudik itu akan ditingkatkan," jelas Ridwan Kamil.

Dijelaskan bahwa PSBB di Jawa Barat tidak lagi berbasis seluruh Provinsi.

Kebijakan itu akan disesuaikan dengan Kota atau Kabupaten yang masih jadi zona merah.

"Tapi kesimpulannya, PSBB cenderung bisa dibahasakan berhasil dengan ukuran turunnya pasien.

"Turunnya rata-rata harian yang dari bulan lalu 40an kasus per hari, sekarang sudah turun 20an kasus per hari," pungkas Ridwan Kamil.

"Tapi poinnya, menurut kami ini adalah keadilan dalam melaksanakan PSBB di mana semua daerah 27 sudah 'lulus ujian', mengikuti PSBB secara serempak selama 14 hari.

Ridwan Kamil juga akan membagikan 'rapor' untuk daerah-daerah sebagai penentu harus melanjutkan PSBB atau merelaksasinya.

"Selama belum ada vaksin, selama belum ada obat, maka status kita kembali seperti sebelum Covid belum bisa kita lakukan tentunya," tutup Ridwan Kamil.

Baca Juga: Tinggal Hitungan Hari PSBB di Seantero Provinsi Jawa Barat Akan Diberlakukan, Ridwan Kamil Sampaikan Berita Baik Ini: '100 Persen Semua Siap'

Baca Juga: Beda 180 Derajat! Awalnya Percaya Diri Bulan Juli Akan Berakhir, Kini Presiden Joko Widodo Mendadak Justru Minta Masyarakat ‘Berdamai’ dan Hidup Berdampingan dengan Virus Corona, Apa Maksudnya?

Editor : Safira Dita

Sumber : YouTube

Baca Lainnya