Jangan Sekalipun Menahan Bersin di Keramaian Walau Akhirnya Dituduh Corona, Pakar Ahli Beberkan Bahaya Fatal yang Bisa Ditimbulkan

Senin, 11 Mei 2020 | 14:59
Foto: Vicks

Jangan Sekalipun Menahan Bersin Walau Akhirnya Dituduh Corona

Jangan Sekalipun Menahan Bersin di Keramaian Walau Akhirnya Dituduh Corona, Pakar Ahli Beberkan Bahaya Fatal yang Bisa Ditimbulkan

GridHits.id - Pakar ahli beberkan bahaya fatal yang bisa ditimbulkan jika menahan bersin.

Seperti kita ketahui bersama jika masyarakat nampaknya awas terhadap orang yang bersin.

Pasalnya, banyak yang menganggap jika bersin bisa menularkan virus corona yang kini tengah merebak di Tanah Air.

Belum menunjukkan tren menurun, bahkan di beberapa negara menunjukkan lagi peningkatan membuat rakyat memilih untuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap virus corona.

Namun saking waspadanya, dapat berujung pada sikap curiga berlebihan jika ada orang di sekitarnya bersin ataupun batuk.

Padahal pakar sudah menjelaskan jika bersin tidaklah termasuk dalam gejala virus corona.

freepik

Ilustrasi virus corona

Tak ingin dikira pembawa virus corona atau pengidap Covid-19, seseorang pun akhirnya memilih untuk menahan bersin agar tetap merasa aman di tengah masyarakat. Namun siapa sangka, menahan bersin justru akan membahayakan nyawa.

Asal tahu saja,bersin adalah reaksi alamiah untuk mengeluarkan benda asing dan berbahaya dari dalam hidung.

Menurut ahli kesehatan masyarakat Susan A. Werner, M.D., dikutip dari Medical News Today menahan bersin dapat menyebabkan efek negatif pada kesehatan.

“Fungsi tubuh seharusnya dikeluarkan, dan menahan bersin dapat menyebabkan infeksi atau masalah kesehatan serius,” katanya.

Baca Juga: Harganya Sudah Kembali Normal, Penimbun Masker Mohon Keajaiban Cara Jual Rugi hingga Berujung Kena Bully

Baca Juga: Harganya Sudah Kembali Normal, Ternyata Ekspor ke China Jadi Alasan Sempat Melonjaknya Harga Masker di Indonesia

Bersin adalah hal yang wajar untuk mengeluarkan virus dari tubuh. Saat bersin, seluruh bakteri dan virus keluar dari hidung.

Dilansir dari Boldsky, tingginya kecepatan ketika bersin menyebabkan menahannya bakal membebani bagian tubuh lain.Menahan bersindapatmenyebabkan seluruh tubuh berada dalam tekanan.

Tak main-main, menahan bersin bakal meningkatkan tekanan pada sistem pernapasan mulai 5 hingga 25 kali dari kekuatan yang dikeluarkan saat bersin biasa.

Baca Juga: Klaim Ramuannya Bisa Tangkal Virus Corona, Dua Apoteker Ini Dapat Imbasnya Saat Nekat Mencoba

Baca Juga: Tak Berlakukan PSBB, Pemerintah Bali Beberkan Kunci Rahasia Bisa Menang Lawan Virus Corona, Apa Itu?

Sejumlah masalah kesehatan ini rentan dialami ketika menahan bersin, dilansir dari berbagai sumber.

1.Emboli paru

Menahan bersin dapat menyebabkan banyak komplikasi, salah satunya ialah pseudomediastinum (kondisi ketika udara terperangkap di dada antara kedua paru-paru).

2.Membengkaknya pembuluh darah di otak

Menahan bersin juga dapat menyebabkan perforasi membran timpani (gendang telinga berlubang) dan bahkan pecahnya aneurisma otak, yaitu membengkaknya pembuluh darah di otak.

3.Tenggorokan pecah

Werner mengatakan bahwa ada beberapa kasus orang-orang yang tenggorokannya pecah akibat menahan bersin.

"Kekuatannya cukup untuk menerobos tenggorokan dan mendorong udara melalui jaringan lunak di leher. Dalam kasus ini, mungkin perlu tinggal di rumah sakit selama seminggu hingga benar-benar sembuh,” jelasnya.

Meskipun itu adalah peristiwa langka, peristiwa tersebut masih bisa terjadi. Demi menjaga kesehatan, sebaiknya jangan menahan bersin.

4.Infeksi telinga

Bersin membantu melepaskan bakteri dari hidung. Ketika udara bersin kembali dan keluar lewat telinga melalui saluran nasal, bakteri dan infeksi lendir bisa menyerang bagian dalam telinga dan menyebabkan infeksi.

5. Gendang telinga tersumbat

Menahan bersin menyebabkan tekanan udara di sistem pernapasan berpindah ke telinga. Ketika udara dengan tekanan tinggi ini berpindah ke telinga, hal ini bisa berisiko gendang telinga terasa tersumbat.

6. Masalah di pembuluh darah mata

Saatkita menahan bersin, tekanan udara bisa terjebak di dalam sehingga menyebabkan cedera di mata. Pembuluh darah di mata bisa terluka karena meningkatnya tekanan udara serta hilangnya pendengaran.

Baca Juga: Usai Tipu Driver Ojol yang Antar Dirinya dari Purwokerto ke Solo, Penumpang Ini Ditangkap Polisi dalam Keadaan Batuk-batuk

Baca Juga: Mirip! Ketahui Perbedaan Gejala Terinfeksi Virus Corona dengan Batuk, Pilek, dan Alergi Biasa

7. Aneurisma

Tekanan udara yang muncul ketika kita menahan bersin juga bisa berujung terjadinya aneurisma otak. Hal ini bisa menyebabkan pendarahan di tengkorak pada bagian sekitar otak.

8.Patahtulang rusuk

Meskitak banyak terjadi, namun dilaporkan bahwa pada sejumlah orang terutama yang sudah tua, terjadi risiko patah pada bagian tulang rusuk jika menahan bersin.

Mengingat bahaya yang mungkin muncul saat menahan bersin ini, sebaiknya lepaskan saja bersin bila ingin melakukannya.

Namun tentunya ada etika bersin ketika berada di keramaian. Tutuplah hidung dan mulut dan menjauhlah sebentar agar tidak mengganggu orang-orang sekitar.

Sediakan tisu atau sapu tangan untuk menutup mulut sehingga suara bersin tidak terlalu keras terdengar

Artikel ini sudah pernah tayang di GridHealth.id dengan judul: MenahanBersin Karena Takut Dituduh Pembawa Virus Corona, Padahal Ini Bahayanya

Editor : Safira Dita

Sumber : Gridhealth.id

Baca Lainnya