Sempat Tak Tepat Sasaran, Langkah Besar yang Anies Baswedan Terkait Pembagian Bansos Kedepannya: Di Lapangan Eksekusi

Senin, 04 Mei 2020 | 17:00
Tangkap Layar Youtube Pemprov DKI

Anies Baswedan lakukan langkah besar ini untuk pembagian bansos.

Sempat Tak Tepat Sasaran, Langkah Besar yang Anies Baswedan Terkait Pembagian Bansos Kedepannya: Di Lapangan Eksekusi

GridHits.id -Akibat wabah virus corona di Indonesia membuat sebagian besar sektor merasakan dampaknya.

Sektor yang paling merana saat ini adalah sektor perekonomian yang sempat mengalami penurunan secara drastis.

Banyak pula masyarakat harus terkena badai PHK akibat dari wabah virus corona ini.

Hal tersebut membuat pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan, salah satunya adalah memberikan bantuan sosial untuk meringankan beban masyarakat.

Baca Juga:Risiko Bila Tetap Nekat Mudik Tak Dihiraukan, Anies Baswedan Beri Ancaman Keras Bagi yang Sudah Terlanjur Sampai di Kampung Halaman, 'Belum Tentu Bisa Balik ke Jakarta'

Baca Juga: Santer Digosipkan Sebagai Orang Ke-3 , Ayu Ting-ting Sumpahi Rumah Tangga Raffi Ahmad dan Nagita Bubar: Laki Bini Sok-sokan Entar Juga Bubar

Namun, lagi-lagi bantuan sosial tersebut kerap kali menuai banyak kontroversi.

Mulai dari banyaknya data yang salah sasaran, warga yang tak puas dengan isi bantuan, dan masih banyak lagi.

Bahkan kabarnya di DKI Jakarta, ada salah satu nama anggota DPR justru tercantum dalam data pembagian bantuan sosial.

Hal tersebut tentunya sangat ramai diperbincangkan oleh masyarakat karena datanya yang dinilai tak tepat sasaran.

Nah untuk meminimalisir kesalahan data, dan tidak terjadi lagi salah sasaran akhirnya Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan program KolaborasiSosialBerskala Besar (KSBB).

Program tersebut sengaja dibuat Anies untuk mengajak para pengusaha, dan masyarakat yang hidupnya kecukupan untuk saling membantu sesama.

Anies Baswedan pun menjamin untuk mekanisme penyalurannya tentunya sesuai dan diberikan kepada orang yang memang benar-benar membutuhkan.

Baca Juga:Sebut Jakarta Belum Merdeka Meski Terjadi Perlambatan Kasus Positif Corona, Anies Baswedan Imbau Tak Kendor Patuhi PSBB

Baca Juga: Sedang Berurusan Dengan Pihak Kepolisian, Dian Sastro Malah Diajak Kenalan Oleh Siswa SMA hingga Rumahnya Didatangi

Aniespun mengatakan, terkaitdanayang berhasil dikumpulkan dari program KSBB ini nantinya dikelola dengan baik.

"Justru itulah yang ke satu saat pemillihan agregator. Agregator itu adalah orang-orang yang mengumpulkan sumbangan yang jumlahnya kecil kemudian dikumpulkan kemudian disumbangkan. Pemilihan itu dilakukan oleh institusi yang terbukti mengelola dana sumbangan sosial dengan baik," ungkap Anies dalam akun YoutubeKompasTv.

Anies pun mengungkapkan, masyarakat yang nanti membantu melalui program KSBB akan mengetahui jelas uang yang disumbangkan akan dialirkan kemana.

Anies pun berterus terang, dengan adanya program ini maka lebih bisa dipastikan bahwa memang bantuan benar-benar sampai pada masyarakat membutuhkan.

Baca Juga:Bukan Hanya Dapat Mencegah Penyebaran Virus Corona, Penerapan PSBB di Jakarta Juga Mendatangkan Kabar Baik Tak Terduga Ini, Apa?

Baca Juga: Pertama Kalinya Noah Sinclair Jalani Ibadah Puasa Tanpa Sang Ayah, Ibunda Ashraf Tampak Terkagum-kagum pada Sang Cucu Karena Hal Ini

"Cara yang kedua adalah, di lapangan eksekusi maka, prosesnya semua akan dilaporkan kepada donor termasuk deliverynya, lokasinya, maka itulah kenapa mereka bisa memilih lokasi bisa dicek juga, jadi bisa kirim orang untuk mengecek diterimanya berapa, kenapa? karena kita tahu lokasinya, akan berbeda jika kita hanya sekedar menyumbangkan Rp. 50 juta tanpa tahu mau kirim kemana, kalau ini bisa tahu dengan cara seperti itu maka pendonor atau mereka yang dermawan tahu persis bahwa uangnya sampai kepada yang membutuhkam," tutup Anies.

Editor : Safira Dita

Sumber : YouTube

Baca Lainnya