Pura-pura Ambil Wudhu dan Sholat, Maling Ini Nekat Gasak Kotak Amal Masjid Hingga Dipiting dan Diikat Warga Pakai Tali, Netizen Malah Simpatik: Siapa Tahu Dia Kepepet Nggak Ada Uang

Rabu, 29 April 2020 | 15:00
Tangkap layar Instagram/@insidelombok

Pura-pura Ambil Wudhu dan Sholat, Maling Ini Nekat Gasak Kotak Amal Masjid Hingga Dipiting dan Diikat Warga Pakai Tali, Netizen Malah Simpatik: Siapa Tahu Dia Kepepet Nggak Ada Uang

Sosok.ID - Berbekal tali seadanya, sejumlah warga kelurahan Pagesangan, Mataram, Lombok berhasil membekuk maling kotak amal masjid.

Maling kotak amal masjid di Mataram Lombok ini berhasil diciduk warga usai terpergok berpura-pura ambil wudhu dan melaksanakan ibadah sholat.

Aksi penangkapan maling kotak amal masjid di Mataram, Lombok ini pun sempat viral dan ramai dibicarakan netizen di media sosial.

Baca Juga: Larangan Mudik Kelewat Telat, Bekas Pasangan Jokowi Meradang: Presiden ya Jangan ke Solo Dulu! Masa VVIP Saya Karantina

Berdasarkan pantauan Tim Sosok.ID, Rabu (29/4/2020) video viral ini pertama kali diunggah oleh akun Instagra @insidelombok pada Selasa (28/4/2020).

Video tersebut telah ditonton lebih dari 105 ribu kali dan dikomentari oleh 800 lebih pengguna akun Instagram.

Dalam video tersebut terlihat seorang pria berpakaian abu-abu gelap tengah dipiting oleh sejumlah warga.

Baca Juga: Achmad Yurianto Mengucap Syukur Atas Penanganan Covid-19 Indonesia, Ada Apa?

Kedua tangan pria itu diputar ke belakang badan dan tubuhnya ditekan ke aspal.

Sesekali pria yang dipiting sejumlah warga ini terdengar mengaduh kesakitan, namun keluhannya itu tidak digubris.

Malahan, sejumlah warga yang memiting tubuhnya, mengeluarkan tali tipis dan mengikat kedua tangannya.

Baca Juga: Janjikan Rp 10 Juta untuk Orang-orang yang Mau Membatalkan Puasanya, Inilah Sosok YouTuber dengan 4,9 Juta Subscriber yang Belakangan Buat Warganet Murka

Mengutip Kompas.com, Rabu (29/4/2020) usut punya usut, pria berpakaian abu-abu ini adalah seorang maling kotak amal masjid.

Pria yang berinisial R (41) asal Karang Bedil, Matararam, Lombok ini adalah pelaku langganan kasus pencurian kotak amal masjid.

Hal ini pun telah dibenarkan oleh Kapolsek Pagutan, Iptu Surya Irawan.

Baca Juga: Pernah Jauh-jauh ke Switzerland Cuma Kursus Masak Risoles, Syahrini Malah Asyik Mesra-mesraan dengan Suami di Depan Peserta Les Sampai Bikin Netizen Ngiri: Baper Terus Nih!

Iptu Surya Irawan menjelaskan bahwa kejadian tersebut berawal ketika pelaku berpura-pura ingin menunaikan ibadah shalat di masjid tersebut.

"Sampai di Masjid Karang Anyar pelaku wudhu," kata Iptu Surya Irawan ketika dikonfirmasi, Selasa (28/4/2020).

Setelah mengambil wudhu, pelaku langsung berpura-pura shalat di samping kotak amal.

Baca Juga: Pacaran Cuma 4 Bulan Tapi Sanggup Bikin Ayu Ting Ting Klepek-klepek, Shaheer Sheikh Blak-blakkan Sebut Ada yang Tentang Keras Hubungannya dengan sang Biduan: Karena Dia Ibu Tunggal

Memanfaatkan kondisi masjid yang sepi jemaah, pelaku pun beraksi.

Namun sayang, gerak-gerik pelaku membuat sejumlah warga yang berada di sekitar masjid curiga.

Terlebih lagi, uang di kotak amal masjid memang kerap kali hilang.

Baca Juga: Tak Ingin Insiden Pengusiran Perawat Terjadi di Daerah Lain, Wali Kota Solo Bersikukuh Ambil Langkah Hukum untuk Menindak Pemilik Kos yang Sudah Beri Klarifikasi Terkait Dugaan Mengusir 3 Perawat RSUD Bung Karno

"Karena gerak-gerik pelaku dicurigai oleh para jemaah yang ada di dalam masjid karena di TKP sering terjadi kehilangan sehingga pelaku langsung diamankan," kata Surya.

Pelaku pun langsung dibekuk ramai-ramai oleh sejumlah warga dan digelandang ke kantor polisi.

Baca Juga: Takut Dimanfaatkan Lawan Politik, Bupati Klaten Bakal Usut Oknum Pembuat Viral Stiker Hand Sanitizer Bergambar Dirinya

Sampai detik ini belum ada keterangan lanjut terkait kasus pencurian kotak amal masjid di Mataram, Lombok.

Namun kasus pencurian kotak amal ini rupanya menarik simpatik netizen.

Tidak sedikit dari mereka yang prihatin dengan kondisi sang maling dan mempertanyakan mengapa warga harus sedemikian rupa membekuk pelaku.

@rusl*****:Ya allah kasian juga sebenernya. Nggak bisa menyalahkan juga. Mungkin kebingungn mau kerja apa untuk dapat uang dalam kondisi kek gini.

Baca Juga: Mau Pulang Tapi Kehabisan Ongkos Usai Hedon Liburan, 6 Gadis ABG Ini Nekat Jual Diri ke Pria Hidung Belang dengan Tarif Rp 300 Sekali Kencan

@muu***: Ini bisa jadi kareana disuruh diem di rumah, di arang jualan/kerja, akhirnya kelaparan nggk ada buat makan ya muncul niat jahat.

@nini*****:Aduuh jangan gitu-gitu amat, siapa tahu dia kepepet nggak ada uang.

@bai********:Ya Allah cukup bawa ke polisi aja langsung, jangan sampe digituin kesian, mungkin dia butuh makan buat keluarganya karena kepepet.

(*)

Editor : Tata Lugas Nastiti

Sumber : Kompas.com, Instagram

Baca Lainnya