Find Us On Social Media :

Terungkap Alasan Mengapa Menguak Pasien 1 Virus Corona Sangatlah Sulit, Rupanya Bukan Dari Pasar Hewan Wuhan

By Maymunah Nasution, Jumat, 17 April 2020 | 14:10 WIB

Wuhan Street Food

Intisari-online.com - Pasar hewan di Wuhan selama ini dituding menjadi awal mula munculnya virus corona (Covid-19) yang tengah mewabah di seluruh penjuru dunia.

Namun belakangan sejumlah ilmuwan justru memberi bukti bahwa virus yang diberi nama SARS-CoV-2 bukan berasal dari pasar di Wuhan.

Menurut laporan Caixin, para ilmuwan tersebut telah menunjukan hasil riset yang menunjukan bukti yang menentang asusmsi mengenai virus corona selama ini.

Para peneliti dari tiga lembaga China termasuk Akademi Ilmu Pengetahuan China itu mengungkapkan bahwa sumber Covid-19 di pasar Wuhan diimpor dari tempat lain.

Baca Juga: Tak hanya Demam atau Baruk-batuk, Ahli Medis Sebut Lesi Mirip Cacar Air pada Kaki Bisa Menjadi Gejala Baru Virus Corona

Menggunakan teknologi pengurutan gen, mereka menganalisis 93 sampel virus dan haplotype, kelompok gen yang diwarisi bersama dari organisme induk tunggal.

Para ilmuwan menemukan bahwa semua sampel dengan tautan yang dilaporkan ke pasar berisi haplotype yang sama, yang mereka sebut H1.

Tetapi ketika mereka menggali lebih dalam, para ilmuwan menemukan bahwa tiga haplotype lainnya yakni H3, H13 dan H38 muncul dalam beberapa kasus yang tidak ada hubungannya dengan pasar Wuhan, termasuk satu di kota selatan Shenzhen dan satu lagi di Amerika Serikat.

Sehingga para peneliti menilai temuan ini membuka kemungkinan bahwa virus corona dibawa ke pasar Wuhan dari luar dan mulai menjangkiti orang-orang lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya.

Baca Juga: Akhirnya China Mengkonfirmasi: Jumlah Kematian Akibat COVID-19 Sebenarnya 50 Persen Lebih Tinggi dari yang Dilaporkan Sebelumnya