Pakar Ahli Bongkar Fakta Soal Golongan Darah A Paling Berisiko dan O Paling Kebal Corona, Benar Atau Salah?

Jumat, 17 April 2020 | 09:30
pixabay.com

Diet yang tepat berdasarkan golongan darah, ini penjelasannya!

Pakar Ahli Bongkar Fakta Soal Golongan Darah A Paling Berisiko dan O Paling Kebal Corona, Benar Atau Salah?

GridHITS.id -Baru-baru ini, terdengar isu bahwa orang dengan golongan darah A lebih berisiko tertular virus Corona.

Tak hanya kabar tersebut, diketahui jugaorang dengan golongan darah O dianggap lebih kebal terhadap virus ini.

Baca Juga: Bikin Bernapas Lega Bagi Sebagian Orang, Ahli Asal Indonesia Luruskan Penelitian Soal Seseorang dengan Golongan Darah A Paling Mudah Positif Corona

Baca Juga: Selama Ini Dirahasiakan, Terkuak Penyebab Meninggal Jebolan X Factor Indonesia Ini, Sang Adik: 'Dia Tidak Mau Ngerepotin Orang Lain'

Benarkah golongan darah A paling rentan sedang golongan O lebih rendah resikonya?

Nastiti Kaswandani seorang konsultan respirologi anak FK-UI RSCM menjawab mengenai kaitan antaragolongandarahdan peluang terjangkitviruscorona.

Nastiti mulanya menjelaskan kalau anggapan tersebut muncul saat China melaporkan hampir 2.200 pasien Covid-19yang golongan darah A paling tinggi presentasenya.

"Praktik mengaitkangolongandarahdenganCovid-19itu dipicu dari laporan di China.Dia melaporkan hampir 2.200 pasien yang confirm Covid-19lalu dilihat presentaseblood type-nya," jelas Nastiti Kaswandani.

Sebesar 38 persen pasien di China dengan golongan darah A dilaporkan positif virus corona.
Baca Juga: Sempat Icip Romansa dengan Brondong 7 Tahun Lebih Muda, Nafa Urbach Blak-blakan Ingin Dapatkan Pasangan Seperti Ini
Kemudian, Nastiti menjelaskan soalpersentase pasien positif corona dengangolongan darah O.

"Lalu kalaugolongandarahO itu sekitar 25 persen, sehingga jurnal itu melaporkan bahwagolongandarahA lebih tinggi risikonya terkenaCovid-19.SedangkangolongandarahO lebih rendah risikonya terkenaCovid-19melihat dari presentase," jelas Nastiti Kaswandani.

Walaupun demikian, Nastiti menjelaskan kalau 25 persen bukan angka yang kecil.

"Dan itu studinyapreliminary studyartinya itu studi pendahaluan yang hasilnya tidak bisa serta merta diterapkan.Artinya kalaugolongandarahkita A juga tidak perlu panik berlebihan, kalau kitagolongandarahO kita jangan menjadi santai-santai," jelas Nastiti.

Baca Juga: Nekat Adakan Kumpul Keluarga di Tengah Pandemi Covid-19, Acara Ulang Tahun Berujung Malapetaka hingga Kematian, Begini Nasibnya Sekarang

Baca Juga: Beredar Video Ariel Noah Pamer Ketampanan Pakai Baju Medis Sampai Buat Sekelilingnya Menjerit Histeris, Ini yang Sebenarnya Terjadi

Dilansir dari South China Morning Post, peneliti medis di China telah mengambil pola golongan darah dari 2000 pasien yang terinfeksi virus di Kota Wuhan, China dan Shenzhen, kemudian mereka membandingkan dengan populasi setempat.

Dari pola golongan darah yang telah diteliti disebut sebagai penelitian awal.

Kemudian menurut studi yang telah dipublikasikan di Medrxiv.org membandingkan keempat golongan darah dari 2.173 kasus virus corona yang dikonfirmasi oleh Kota Wuhan dan Shenzhen dengan lebih dari 3694 penduduk dalam kondisi sehat di wilayah tersebut.

Sebanyak 31,16% penduduk Wuhan yang memiliki golongan darah A, 37,75% diantaranya pasien corona disurvei di Jinyintan Hospital, Wuhan, memiliki golongan darah yang sama.

Sampel kasus virus corona dari rumah sakit yang sama menunjukkan sebanyak 25,8% memiliki golongan darah O, angka ini dibandingkan dengan 33,84% populasi yang ada.

Dari 206 pasien yang meninggal akibat virus coronaini 85 korbannya adalah orang dengan golongan darah A.

Hanya 52 korban yang memiliki golongan darah O.Dari hasil tersebut, peneliti mengungkap jika golongan darah A menunjukkan tingkat infeksi lebih tinggi dan membuat gejala berkembang menjadi lebih parah.

Sedangkan penelitian Science Alert yang dikutip dari Kompas.commenejelaskan mengenai tingkat kekebalan dari golongan darah O.

Golongan darah ini memiliki resiko yang lebih kecil dibanding golongan darah A.

Menurut data yang telah disampaikan, populasi normal di Kota Wuhan terdiri dari 31% golongan darah A, kemudian 24% yaitu golongan darah B, 9% golongan darah AB dan yang terakhir 34% golongan darah O.

Dari kedua penelitian telah menyebutkan kemiripan dari hasil golongan darah yang lebih rentan terkena virus coronayaitu golongan darah A dan yang lebih kebal ialah golongan darah O.

Baca Juga: Nekat Adakan Kumpul Keluarga di Tengah Pandemi Covid-19, Acara Ulang Tahun Berujung Malapetaka hingga Kematian, Begini Nasibnya Sekarang

Baca Juga: Sempat Backstreet 3 Tahun Lantaran Hubungannya Tak Direstui, Istri Judika Bongkar Kisahnya Diancam Orangtua Sendiri Lewat Pesan Singkat 'Pilih Mama atau Dia'

Editor : Safira Dita

Sumber : nakita.id

Baca Lainnya