Work From Home Malah Bikin Stres? Usir Stres Selama WFH dengan Cara-cara Berikut Ini, Dijamin WFH Lancar.
GridHITS.id - Indonesia kini tengah berjuang melawan pandemi virus corona.
Dengan jumlah korban yang berjatuhan akibat virus corona, pemerintah memberlakukan sistem kerja di rumah atau work from home (WFH).
Bekerja di rumah sebenarnya memiliki dampak positif dan negatif, namun, di satu sisi Moms malah terserang stres.
Stres karena WFH memang sudah banyak dikeluhkan para orang dewasa.
Rata-rata orang dewasa mengeluhkan kurang terstruktur, terlalu banyak gangguan di rumah, kesulitan dalam menetapkan batasan, bahkan sampai ada yang mengeluhkan kurang tidur.
Apalagi bagi yang harus tetap menjaga kebersihan rumah dan harus tetap bekerja, pasti cepat merasakan stres.
Untuk menghilangkan stres di tengah WFH, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan, dikutip dari Boldsky.
1. Atur rutinitas
Atur rutinitas untuk diri sendiri dan lakukan setiap harinya.
Akan lebih mudah untuk bekerja tepat waktu daripada mengerjakannya jika menemukan waktu.
Misalnya, bisa saja menyelesaikan dulu semua pekerjaan rumah tangga, kemudian lakukan pekerjaan kantor agar tidak ada gangguan.
Jadi, atur rutinitas dan patuhi itu saat bekerja di rumah.
2. Tetap terkoneksi
Bekerja dari rumah dapat membuat merasa sedikit kesepian bahkan terisolasi.
Untuk mengatasinya, buatlah grup dengan teman-teman atau rekan kerja agar tetap bisa mengobrol ketika kesepian dan bosan.
Sangat untuk tetap tetap terhubung dengan orang-orang yang berpikiran sama.
3. Memotivasi diri sendiri
Agar dapat melewati ini semua, penting untuk memberikan hadiah bagi diri sendiri.
JIka tugas harian sudah selesai, langsung saja memberikan hadiah untuk diri sendiri meskipun sederhana.
4. Meminta bantuan
Tinggal di rumah sepanjang hari bukan berarti harus mengerjakan semua pekerjaan sendirian.
Jika merasa berat dan terbebani, mintalah bantuan.
Jika tetap nekat dikerjakan seorang diri, itulah pemicu stres.
Mintalah bantuan pada anak-anak atau bahkan pasangan.
Buatlah kelompok tugas rumah dan membaginya pada anggota keluarga lain agar bisa menyelesaikan tugas kantor dan rumah secara bersamaan.
5. Hindari multitasking
Melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu akan mebuat tak bisa fokus pada satu titik.
Buatlah daftar prioritas mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu.
Baca Juga: Sosok Glenn Fredly Ikut Hadir Dalam Pesta Ulang Tahun Manager Jadi Sorotan, Warganet: Seakan Nyata
6. Luangkan waktu untuk diri sendiri
Untuk menghilangkan stres, bacalah buku, memasak masakan sehat atau hanya berjalan kaki selama 10 menit saat beristirahat dari pekerjaan.