Sempat Dilarang Beroperasi, Kini Ojek Online Sudah Boleh Angkut Penumpang Lagi Namun Harus Patuhi Aturan Ini

Senin, 13 April 2020 | 09:54
Tribunnews.com

Ilustrasi helm ojol

Sempat Dilarang Beroperasi, Kini Ojek Online Sudah Boleh Angkut Penumpang Lagi Namun Harus Patuhi Aturan Ini.

GridHITS.id - Kini Ojek Online (Ojol) sudah boleh angkut penumpang lagi namun harus patuhi beberapa aturan.

Ya, seperti diketahui sebelumnya jika Ojol sempat dilarang beroperasi saat diberlakukannya PSBB di DKI Jakarta.

Namun, nampaknya peraturan tersebut membuat sejumlah Ojol kehilangan pekerjaannya hingga akhirnya diperbolehkan kembali.

Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) mengizinkan ojek online (ojol) untuk kembali mengangkut penumpang di wilayah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB).

Baca Juga: Kisah Haru Driver Ojol Lindungi Pesanan Makanan Saat Sekujur Tubuhnya Diguyur Disinfektan, Respons Pemesannya Justru Tak Terduga!

Baca Juga: Niat Baik Nikita Mirzani Bantu Ringankan Beban Ojol di Tengah Pandemi, Istri Driver Ojol: Kurang 400 Ribu Lagi

Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 18 Tahun 2020 tentang pengendalian transportasi dalam rangka pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Menanggapi perubahan ini, Grab selaku platform ride hailing masih menunggu aturan tersebut resmi berlaku.

"Terkait PM 18 yang akan mengizinkan layanan ojol untuk melayani penumpang, sesuai arahan Kemenhub saat ini kami masih menunggu PM 18 ini untuk diundang-undangkan dan secara resmi berlaku," jelasTri Sukma Anreianno, Head of Public Affairs Grab Indonesia dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Minggu (12/4/2020).

Grab belum bisa memastikan kapan menu GrabRide di aplikasi akan muncul kembali untuk wilayah DKI Jakarta.

Dari pantauan KompasTekno, Minggu (12/4/2020) sore, menu layanan ojek motor tersebut masih belum tersedia di aplikasi Grab.

Begitu pula dengan GoRide yang juga masih menghilang di aplikasi Gojek. Kendati demikian, layanan Gojek dan Grab masih menyediakan layanan taksi online, yakni GoCar dan GrabCar.

Layanan lain juga masih tersedia termasuk layanan pesan-antar makanan, yakni Go Food dan Grab Food serta layanan ekspedisi, seperti Go Send dan GrabExpress.

Kompas.com

Jakarta terapkan PSBB mulai 10 April 2020.

KompasTekno telah menghubungi Gojek untuk mengonfirmasi hal ini, namun hingga berita ini ditulis, belum ada tanggapan resmi dari Gojek.

Sebelumnya, Gojek dan Grab menghilangkan fitur ojek motor di masing-masing platform mereka mulai Jumat (10/4/2020). Keputusan ini dibuat untuk mengikuti aturan pemerintah DKI Jakarta terkait penerapan PSBB.

Baca Juga: Tak Punya Hati! Penumpang Tega Tipu Ojol Paruh Baya, Minta Diantar Sejauh 230 km Lalu Ditinggal Pergi

Baca Juga: Baru Saja Pulih dari Virus Corona, Wali Kota Bogor Bima Arya Bagikan Postingan Pilu, Warganet : Bikin Sedih

Aturan ojek online tidak diperbolehkan berboncengan atau mengangkut penumpang mengacu pada Pasal 15 Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 9 Tahun 2020 tentang PSBB.

Namun, dalam aturan Permenhub terbaru pada Pasal 11 huruf (d) dijelaskan bahwa sepeda motor berbasis aplikasi dengan tujuan tertentu tetap dapat mengangkut penumpang asalkan memenuhi protokol kesehatan.

Protokol yang dimaksud di antaranya melakukan penyemprotan disinfektan pada kendaraan dan atribut, baik sebelum dan sesudah mengangkut penumpang. Pengendara yang sedang mengalami demam atau sakit juga dilarang berkendara.

Baca Juga: Bukti Covid-19 Bisa Dilawan, Pasien Positif Corona Mendadak Sembuh Usai Dengar Kabar Bahagia Anaknya Lolos Kedokteran!

Baca Juga: Gara-gara Perangai Egois Banyak PDP, Dokter Ini Akui Pesimis Virus Corona Bisa Segera Hilang dari Indonesia

Soal hal ini, Grab mengaku telah meminta mitra pengemudinya untuk melakukan sejumlah protokol kesehatan, termasuk mengenakan masker dan sarung tangan, menyemprot disinfektan kendaraan dan atribut, serta menjaga jarak aman melalui prosedur minim kontak fisik bagi mitra pengiriman GrabFood, GrabExpress, GrabFresh, dan GrabMart.

"Inisiatif ini sudah kami laksanakan di seluruh kota di Indonesia," kata Tri.

Untuk diketahui, aturan PSBB di wilayah DKI Jakarta mulai efektif per Jumat 10 April dan berakhir pada 24 April mendatang. Tidak menutup kemungkinan, PSBB akan diperpanjang jika diperlukan.

Artikel ini sudah pernah tayang di Kompas.com dengan judul:Ojek Online Sudah Boleh Angkut Penumpang, Grab Masih Tunggu Aturannya Resmi

Editor : Safira Dita

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya