Bak Petir di Siang Bolong, Terungkap Ada Belasan Negara yang Masih Bersih dari Virus Corona, Ini Daftarnya!

Jumat, 03 April 2020 | 18:48
freepik

Ilustrasi virus corona

Bak Petir di Siang Bolong, Terungkap Ada Negara yang Masih Bersih dari Virus Corona, Begini Penjelasannya

GridHITS.ID - Seperti yang kita ketahui, hingga saat ini kasus Covid-19 di seluruh dunia terus bertambah.

Namun,ternayta masih ada loh negara atau wilayah yang bersih dari virus corona.

Pada 2 April 2020, dikabarkan terdapat 19 negara yang belum melaporkan temuan kasus virus Corona, menurut data Universitas Johns Hopkins.

Negara yang masih aman dari infeksi corona adalah Komoro, Kiribati, Lesotho, Malawi, Kepulauan Marshal, Mikronesia, Nauru, Korea Utara, Palau, Samoa, Sao Tome dan Principe, Kepulauan Solomon, Sudan Selatan, Tajikistan, Tonga, Turkmenistan, Tuvalu, Vanuatu, dan Yaman.

Baca Juga: Berani Penjarakan Ibu Kandung, Karakter Asli Angbeen Rishi Dibongkar Ahli Tarot : Ada Kekurang Dewasaan

Baca Juga: Mengapa Pasien Covid-19 Lama Sembuhnya? Ini Penjelasan WHO Sebagian pakar mengatakan, di negara-negara tersebut mungkin sudah ada kasus tapi belum dilaporkan.

Korea Utara misalnya, secara resmi pemerintahnya mengatakan tidak ada kasus positif corona, demikian juga dengan Yaman yang baru tercabik perang.

Apa alasannya?

Terpencil Kendati begitu, memang ada negara yang belum terpapar virus, biasanya adalah kepulauan kecil dengan jumlah penduduk sedikit. Bahkan, menurut data PBB, 7 dari 10 tempat yang paling jarang didatangi bebas Covid-19.

Tanpa menerapkan pembatasan jarak sosial, tempat-tempat tertentu di dunia ini memang sudah terisolasi.

Seperti halnya Nauru, yang terletak di Laut Pasifik, berjarak 320 kilometer dari “tetangganya”, yang paling dekat adalah Pulau Banaba, bagian wilayah Kiribati. Kota besar terdekat bisa dijangkau dengan penerbangan langsung dari Brisbane.

Baca Juga: Lama Tak Muncul, Petinggi Sunda Empire Akui Sedang Perintahkan Intelijen Dunia Akhiri Corona : Biang Keladinya Sedang Dicari

Baca Juga: Jangan Rendahkan Orang Miskin! Biasa Nyapu dan Ngepel Rumah, PRT di Arab Saudi ini Kaya Mendadak dan Dapat Warisan Rp225 Miliar, ini CeritanyaNauru termasuk negara kedua terkecil (yang berupa daratan) setelah Monaco dan memiliki populasi 10.000 orang, termasuk kedua paling sedikit setelah Tuvalu.

Tempat ini juga paling jarang dikunjungi. Setiap tahun kunjungan turis ke negara ini hanya sekitar 160 orang.

Kamu mungkin menganggap tempat yang terpencil seperti itu tidak perlu khawatir dengan wabah corona.

Namun, di negara yang hanya punya satu rumah sakit, tidak punya ventilator, dan kekurangan tenaga medis, wabah adalah bencana nasional.

Itu sebabnya pada awal Maret Nauru melarang kunjungan orang dari China, Korea Selatan, Italia, dan juga Iran.

Pada pertengahan Maret, penerbangan dari Fiji, Kiribati, dan Kepulauan Marshall juga dihentikan, sementara penerbangan dari Brisbane dikurangi frekuensinya.

Baca Juga: Istrinya Sedang Hamil Muda, Rezky Aditya Justru Bongkar Kebiasaan Baru Beli Ini dan Itu, Apa?

Selain Nauru, kini negara-negara kecil di Pasifik juga telah mencanangkan darurat nasional menghadapi Covid-19.Pemerintah di negara tersebut menyadari, sebagai negara yang kecil dengan fasilitas kesehatan yang terbatas, setiap pasien dengan penyakit berat harus dikirim ke luar negeri.

Itu sebabnya kini mereka berusaha menjaga agar kasus corona di negaranya tetap nol.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada 19 Negara yang Masih Bebas Corona")

Editor : Saeful Imam

Sumber : kompas

Baca Lainnya