Kecerobohan China Terbongkar, Fakta-fakta Ini Ungkap Awal Mula Virus Corona Bisa Muncul dan Menyebar ke Seluruh Dunia

Kamis, 02 April 2020 | 17:45
Pixabay

Ilustrasi virus corona

GridHITS.id - Seakan bukan sebuah rahasia bila banyak negara menyalahkan China atas penyebaran virus corona.

Bagaimana tidak, virus corona pertama kali merebak di Wuhan, China dan menewaskan banyak orang sebelum akhirnya tersebar ke seluruh penjuru negeri.

Dikutip dariDaily Express, penyebaran virus corona diperparah denganpersilangan penduduk yang berpindah-pindah dari satu negara ke negara lain.

Baca Juga: Kabar Gembira, Puluhan Pasien Terkait Covid-19 di Tangerang Sembuh hingga Ada Daerah yang Tak Punya Pasien Positif Virus Corona

Baca Juga: Bak Tabuh Genderang Perang, Tiba-tiba Ningsih Tinampi Sindir Mbah Mijan : Bukan Settingan..

Satu pasien yang terinfeksi terus menyebarkan, dan kejadian itu berulang sampai akhirnya wabah ini menyebar dengan besar.

Dalam sebuah film dokumenter rahasia, yang berbicara "Rahasia di balik virus corona" terungkapbahwa virus ini tidak akan sebesar sekarangandaikan China tidak membuat kecerobohan sejak awal.

Dikutip dari GridHot, Four Corner, rekan senior Pusat Studi Internasional Strategis Richard McGregor menyebutChina telah membuang waktu yang sangat penting untuk mencegah pandemi ini.

"Poin kunci dalam kasus ini adalah China kehilangan dua hingga tiga minggu ketika virus itu muncul pertama kalinya," jelas Corner.

Pasalnya, menurut Corner, ketika virus ini pertama muncul, China sempat mengabaikan dan tidak melacak kemungkinan penyebarannya.

Padahal bila halitu dilakukan, sangat mungkin untuk menekanpenularan viruslebih awal.

Baca Juga: Niat Baik Nikita Mirzani Bantu Ringankan Beban Ojol di Tengah Pandemi, Istri Driver Ojol: Kurang 400 Ribu Lagi

Baca Juga: Viral Desa Purworejo Dijaga Pocong Sampai Diberitakan Media Internasional: Indonesia Takut Pocong, Tidak Takut Corona

"Hal itu terjadi karena China terperangkap dalam politik arus informasi dan pengawasan yang ketat," tambahnya.

Bahkandalam aplikasi WeChat milik China terbongkar fakta bahwa negeri panda ini telah menyensor kata kunci tentang 'virus corona' sejak 1 Januari 2020, sebelum wabah ini merebak.

Dilaporkan pula China tak segan-seganmenangkap siapa saja yang menyebarkan desas-desus secara online tentang virus ini.

Presenter Sean Nicholls menemukan fakta kalauChina baru memberi tahu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tentang wabah itu satu bulan setelahinfeksi pertama ditemukan.

"Padahal keadaan sudah sangat buruk," tegasnya.

Sejak insiden itu, China pun dikecam habis-habisan oleh seluruh dunia.

Kininasi telah menjadi bubur, segalanya telah terjadi dan kini seluruh duniahanya bisa pasrah sambil menunggu solusi untuk mengatasi pandemiini.

Baca Juga: Tak Mau Pakai Masker Buatan Indonesia, Barbie Kumalasari Pilih Borong Masker Dari Luar Negeri: Yang Lokal Itu Jelek Banget

Artikel ini telah tayang di laman Nakita.id dengan judul "Kini Merebak ke Seluruh Dunia dan Tewaskan Ribuan Orang, Terungkap Fakta Awal Mula Virus Corona Muncul Akibat China Lakukan 'Kecerobohan' Ini"

Editor : Nita Febriani

Sumber : nakita

Baca Lainnya