Tegang Melulu, Nih Manfaat Berjemur Ternyata Bisa Mengurangi Depresi Ringan

Rabu, 01 April 2020 | 07:10
Mcfauchet

Manfaat Berjemur Ternyata Bisa Mengurangi Depresi Ringan

HAI-Online.com - Nggak cuma dapat vitamin D3, berjemur di waktu yang tepat ternyata juga bisa menyerap energi positif yang sanggup mengurangi depresi ringan.

Nah, kamu yang lagi belajar di rumah atau kerja dari rumah. Cus, ambil kacamata hitam dan keluarlah barang 10-15 menit untuk menyerap hal positif yang bisa didapat dengan cuma-cuma pada jam terbaiknya, pukul 10-11 pagi ya!

Jangan langsung ambil posisi ke depan rumah dulu, bacà dulu penjelasan manfaat lainnya.

Nih, kamu yang kurang paparan sinar matahari katanya dapat menyebabkan kondisi gangguan yang dikenal dengan Seasonal Affective Disorder alias SAD.

Baca Juga: Vitamin D3 Tingkatkan Imun Tubuh Orang yang Berjemur, Cek Waktu Maksimalnya!

SAD adalah depresi umum ringan yang dapat terjadi pada orang-orang yang bekerja berjam-jam di gedung perkantoran, atau stay at home di kamar aja alias jarang keluar ruangan untuk sekadar berjemur.

Maka dari itu, manfaat berjemur di bawah sinar matahari juga salah satunya dapat mengurangi stres.

Hasil studi melaporkan bahwa orang-orang yang berjemur di bawah sinar matahari pagi dapat terhindar dari ketegangan.

Baca Juga: Caranya Kurang Tepat, Ini 5 Kesalahan Orang Berjemur yang Bikin Gagal Sehat

Pasalnya, sinar matahari memicu otak untuk melepaskan hormon serotonin, yakni suatu hormon yang bisa meningkatkan suasana hati dan memberikan perasaan tenang.

Bahkan, jika tidak depresi sekalipun, berjemur di bawah sinar matahari pagi ternyata dapat membangkitkan suasana hati menjadi lebih baik.

Keuntungan lainnya, ketika sinar matahari mengenai mata, sebuah pesan dikirim ke kelenjar pineal dalam otak dan produksi melatonin, suatu hormon yang bisa menimbulkan rasa kantuk dan membantu mudah untuk tidur.

Baca Juga: Tidak Kebal Korona, Anak Muda Masih Suka Nongkrong di Luar Rumah, Data Ini Buktinya!

Kebiasaan berjemur ini pun bisa menjadikan kualitas tidur kamu membaik. Kenapa, karena sinar matahari akan membuat tubuh memiliki gambaran yang jelas bahwa ini bukanlah malam hari sehingga tubuh akan mempertahankan ritme sirkadian yang normal.

Sebaliknya, ketika di luar mulai gelap maka tubuh akan mendapatkan gambaran yang jelas sehingga merasa lelah dan mengantuk jelang waktu tidur.

Kualitas tidur baik, mood juga oke, hmmm anti bodi juga kuat. Nikmat mana lagi yang kamu dustakan, gais. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya