Find Us On Social Media :

Jangan Termakan Hoax: Tangkal Virus Corona dengan Letakkan Amoxicillin dalam Tandon Air, Apa Efek Sampingnya?

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 31 Maret 2020 | 14:00 WIB

Beredar pesan tangkal virus pakai Amoxicillin yang dimasukkan ke dalam tandon air.

Intisari-Online.com – Wabah virus corona yang masuk ke Indonesia membuat banyak orang khawatir dan cemas.

Di tengah kekhawatiran dan kecemasan mereka juga berusaha untuk mencegah virus corona.

Berbagai cara dilakukan, sampai-sampai menelan mentah-mentah berita yang ternyata menyesatkan.

Apalagi belakangan ini beredar pesan berantai penggunaan obat antibiotik amoxicillin dengan meletakkannya di tandon air untuk mencegah virus corona (Covid-19)

Baca Juga: Cegah Virus Corona dengan Berjemur di Bawah Sinar Matahari, Kapan Waktu yang Terbaik Untuk Berjemur? Ini Jawaban Para Ahli!

Dengan latarbelakang foto dua box obat Amoxicilin, pesan tersebut dilengkapi dengan tulisan:

"Pesen dari Habib Ja'far bin Muhammad bin Hamid, taruh 2 biji obat amoxicillin ke dalam tandon air di rumah, jangan dilogika karena ini yang disampaikan kepada Pak Luhut Binsar Panjaitan dan sudah dilaksanakan di rumah keprisedenana dan dinas-dinas lain."

Melihat informasi ini telah viral di media sosial, seorang dokter yang bertugas di RSUD Wonosari, yaitu dr. Irfan Helmi Nugroho, menyanggah pesan berantai tersebut dan mengatakan bahwa itu adalah informasi tak benar atau hoaks.

dr. Irfan Helmi Nugroho menyampaikan hal tersebut melalui akun Twitter pribadinya @helmihelmi. Berikut pernyataan yang disampaikan dalam cuitannya:

Baca Juga: Paket dari Belanja Online dan Plastik Makanan Online Bisa Sebarkan Virus Corona? Begini Penjelasannya dan Cara Mencegahnya