Obati Luka di Kaki dengan Sarang Laba-laba, Pria Ini Justru Kaget Saat Lihat Hasilnya

Senin, 24 Februari 2020 | 16:30
freepik

Ilustrasi sarang laba-laba

GridHits.id -Anda pasti pernah menemukan atau melihat sarang laba-laba di sekitar rumah.

Bahkan tak jarang, sarang laba-laba bisa ada di sudut atau langit-langit rumah Anda.

Begitu menemukannya, pasti Anda ingin langsung berbenah bukan?.

Tapi tahukah jika di balik itu, sarang laba-laba justru bisa bermanfaat lo.

Pernah melihat film 'Spiderman' yang mengeluarkan jaring ajaibnya?

Baca Juga:Berbanding Terbalik dengan Tindakan dari Pembina Pramuka Saat Musibah Susur Sungai, Sosok Ini Justru Jadi Pahlawan Selamatkan Puluhan Siswa, Bagaimana Caranya?

Ya, seperti itulah fungsi sarang laba-laba.

Meski tak bisa memberikan kekuatan super, ternyata sarang laba-laba bisa memulihkan luka goresan dan menyembuhkan cedera.

Mungkin ini terdengar aga sedikit aneh di telinga Anda, tetapi sarang laba-laba sudah teruji ampuh untuk pulihkan luka goresan dan cedera.

Ketika anak terluka, atau Anda yang terluka akibat teriris pisau, tentu butuh pembalut kasa untuk menutupi luka.

Pada zaman Yunani dan Romawi kuno, sarang laba-laba ini sangat populer digunakan menutup luka dan sarang laba-laba juga memulihkan luka dengan sangat cepat.

Seperti yang dilakukan oleh pria yang bernama Travis Heinze.

Pria asal Amerika ini mengobati luka di kakinya dengan sarang laba-laba.

Baca Juga:Pusara Sang Kakak Masih Basah, Adik Perempuan Ashraf Sinclair Sebut Ada Percakapan Terakhir yang Tercekat: 'Aku Berjanji...'

"Saya akan mencoba menaruh sarang laba-laba ini utuk menutupi luka yang ada di kaki saya," jelas Travis.

Setelah menaruh sarang laba-laba di kakinya yang terluka selama beberapa menit, perubahan langsung terjadi pada luka yang ada di kaki Travis.

Luka di kaki Travis langsung menutup layaknya tak tergores apapun.

Youtube/ Travis Heinze
Tangkapan layar Youtube/ Travis Heinze

Luka yang ditutupi sarang laba-laba

Dilansir dari scoopwhoop.com,hal ini karena sarang laba-laba mempunyai kandungan vitamin K yang membantu pembekuan.

Tak hanya itu, dilansir dari interestingengineering.com, seorang ahli laba-laba dan seorang ahli kimia dari Universitas Nottingham mengaku sarang laba-laba sutra dapat digunakan antibiotik dan menyembuhkan luka.

Jaringan sutra yang terkandung dalam sarang laba-laba secara biologis mempunyai sifat antiseptik dan anti-jamur sehingga kemungkinan mengurangi infeksi dalam luka.

Baca Juga:Tak Ada Hentinya Memuji Kisah Cinta Ashraf Sinclair dan BCL, Vidi Aldiano Nyanyikan Lagu 'Cinta Sejati' untuk Penghormatan Terakhir: 'I'm Gonna Miss You, Ashraf'

"Teknik kami memungkinkan pembuatan cepat struktur biokompatibel, mono atau multi-fungsional untuk digunakan dalam berbagai aplikasi. Ini akan sangat berguna di bidang teknik jaringan dan biomedis," ujar Neil Thomas, ahli kimia.

"Ada kemungkinan menggunakan sutera dalam balutan tingkat lanjut untuk perawatan luka penyembuhan lambat seperti ulkus diabetes. Menggunakan teknik infeksi kami dapat dicegah selama beberapa minggu atau bulan dengan pelepasan antibiotik yang terkontrol. Pada saat yang sama, regenerasi jaringan dipercepat oleh serat sutra yang berfungsi sebagai perancah sementara sebelum diurai secara hayati," tambahnya.

Studi terbaru menunjukkan jika sarang laba-laba sutra dapat digunakan untuk menyembuhkan kerusakan ligamen.

Bahkan, beberapa mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada mengembangkan Spidweb Gel yang membantu menyembuhkan luka gigi.

"Luka yang lama sembuh itu kan risiko infeksinya juga makin besar. Jadi apabila sembuhnya luka bisa dipercepat itu akan lebih baik. Tapi untuk bisa dipakai pasien diabetes, masih butuh penelitian yang lebih lanjut," ujar Mirna, salah satu tim yang mengembangkan Spidweb Gel.

Baca Juga:Viral Pernyataan KPAI Soal Wanita Bisa Hamil di Kolam Renang, Melanie Subono Beri Komentar Menohok: 'Sarapannya Lem Ya Begini'

Spidweb Gelyang dikembangkan dari Universitas Gadjah Mada ini sudah teruji efektif mempercepat proses penyembuhan luka bekas pencabutan gigi pada marmut.

"Ke depan, gel ini juga bisa jadi obat sariawan yang dijual untuk umum. Atau dengan sedikit modifikasi bisa untuk profesional medic dalam mempercepat penyembuhan luka cabut gigi atau habis operasi, dan untuk mempercepat regenerasi penyembuhan jaringan lunak," tambahnya.

Artikel ini sudah tayang di Nakita.id dengan judul:Pria Ini Letakkan Sarang Laba-laba pada Kakinya yang Terluka, Perubahan yang Terjadi Selanjutnya Tak Terduga

Editor : Poetri Hanzani

Sumber : scoopwhoop.com, interestingengineering.com

Baca Lainnya